UPH Sparklabs Siap Fasilitasi Mahasiswa Menjadi StartUp Handal

0
17 views

BantenKini.com KABUPATEN TANGERANG – Universitas Pelita Harapan (UPH) meresmikan UPH Sparklabs sebuah wadah yang didirikan untuk menampung ide-ide bisnis dari mahasiswa UPH dan para alumni agar dapat direalisasikan menjadi bisnis yang benar-benar mampu bersaing secara berkelanjutan.

Peresmian secara simbolis dengan penggutingan pita oleh Dekan Business School UPH, Gracia Shinta S Ugut MBA PhD, disaksikan para dekan fakultas dan beberapa partner industri yang tergabung dalam program Executive in Residence di Inkubator Bisnis UPH, di kampus UPH Lippo Village, Karawaci, Tangerang, Jumat 23 Agustus 2019.

“Kami menyadari bahwa perekonomian Indonesia dapat berkembang salah satunya dengan menciptakan perusahaan. Untuk itu UPH Sparklabs hadir sebagai inisiatif Business School UPH yang menggunakan teknologi untuk menciptakan perusahaan. Harapannya perusahaan yang lahir tidak hanya menyerap tenaga kerja, tetapi juga memberikan dampak yang positif bagi masyarakat,” jelas Gracia Ugut.

Acara diawali talk show bertajuk, Dare to Take A Risk dengan keynote speaker, Dimas Surya Yaputra, Founder tiket.com sekaligus Alumni Business School UPH, dan Peter Shearer founder Wahyoo.com. Kedua StatrUp muda sukses ini membagikan pengalaman membangun bisnis dari kecil hingga menjadi perusahaan yang berhasil dan dikenal. Talkshow dihadiri hampir 500 mahasiswa tingkat akhir Business School UPH dan program studi lainnya.

Kehadiran UPH Sparklabs sebagai respon atas tingginya minat mahasiswa UPH untuk membuat dan mengembangkan bisnis setelah lulus, khususnya mahasiswa tingkat akhir.

“Melalui UPH Sparklabs mahasiswa akan mendapatkan pembekalan atau mentorship yang diberikan langsung oleh para profesional dari berbagai perusahaan. Bahkan beberapa diantaranya langsung dari pemimpin perusahaan yang mumpuni di bidangnya. Para mentor ini tergabung dalam program Executive in Residence di Inkubator Bisnis UPH,” jelas Radityo Fajar Arianto SE MBA, Direktur UPH Sparklabs.

Secara regular para mahasiswa juga mendapatkan coaching dari para dosen yang memiliki keahlian dalam berbagai bidang dari beberapa fakultas di UPH, dan memfasilitasi untuk membangun jaringan yang memungkinkan berkolaborasi baik secara internal maupun eksternal.

UPH Sparklabs bekerja sama dengan berbagai institusi yang dapat membantu pendanaan seperti seed capital, angel investor maupun venture capital untuk merealisasikan ide-ide bisnis para mahasiswa, diantaranya PT Navanti Indonesia Investama, yang juga hadir dalam peresmian.

Idra Pramana – CEO PT Navanti Indonesia Investama mengungkapkan bahwa UPH Sparklabs merupakan terobosan terbaru yang dapat memberikan dampak yang besar terutama untuk kalangan muda di Indonesia sehingga dapat berkembang.

“Entrepreneurship adalah pilihan hidup dengan 2 karakter, yaitu pantang menyerah dan mampu melihat peluang. Apapun pilihan yang ingin diambil, kerja keras, semangat tinggi, komitmen, dan dedikasi adalah modal yang harus dimiliki”, tegas Idra.

Dari sisi alumni, Ryan Maneka, alumni Manajemen UPH 2007, wirausahawan sukses sekaligus Vice Chairman Ikatan Alumni UPH seluruh Indonesia juga turut mengapresiasi UPH Sparklabs yang dapat dijadikan sarana bagi anak muda untuk mengembangkan ide, sekaligus mendapatkan guide untuk mengembangkan idenya.

“Kami para alumni ingin berkontribusi aktif di UPH Sparklabs ini untuk mendorong mahasiswa UPH yang kaya akan ide untuk dapat mempersiapkan diri dalam pengembangan ide tersebut. Pesan saya bagi mereka yaitu jangan menyerah dalam prosesnya”, ujar Ryan.

Dalam upaya merealisasikan idenya melalui UPH Sparklabs, Radityo juga menambahkan bahwa tentu terdapat kriteria yang harus dipenuhi agar ide-ide bisnis mahasiswa dapat lolos seleksi, terutama ide-ide bisnis berbasis teknologi dan memberikan dampak sosial yang besar.

Beberapa agenda kegiatan sudah disiapkan hingga tahun 2020, dimulai dengan Startups Competition yang rencananya diadakan di bulan November 2019. Acara ini terbuka untuk mahasiswa UPH dan alumni dari berbagai program studi. Para pemenang akan mengikuti program Mentoring dan Coaching pada Januari – April 2020 dari para CEO perusahan yang telah berhasil di bidangnya. Pada bulan Mei – Juni 2020 akan diadakan Pitching Day untuk mahasiswa atau alumni mempersentasikan bisnisnya untuk mendapatkan pendanaan bagi realisasi dan pengembangan di masa mendatang.

UPH sebagai institusi pendidikan yang telah melayani 25 tahun kini telah menghasilkan lebih dari 30.000 lulusan yang mengabdi dalam berbagai bidang di dalam dan luar negeri. UPH terus mengikuti perkembangan untuk memperlengkapi para lulusannya sehingga dapat berkontribusi
bagi bangsa. Perkembangan minat generasi mileneal dalam dunia bisnis pun menjadi perhatian dalam strategi UPH untuk mempersiapkan para lulusannya menciptakan wirausaha baru melalui UPH Sparklabs, yang memfasilitasi hingga menjadi usaha yang stabil.***

Ateng San | Yahya Suhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here