Turun Solat Jum’at, Syafrudin Sempatkan Berziarah Ke Makam Ki Soleh Dan Ki Ahmad

0
12 views

BANTENKINI.COM, SERANG – Kebiasaan orang setelah menunaikan ibadah solat Jum’at itu bervariasi. Ada yang langsung melanjutkan aktivitas pekerjaannya, ada juga yang bertadarus serta berzikir. Namun berbeda dengan kebiasaan Walikota Serang Syafrudin.

Biasanya, usai melakukan solat Jum’at di Masjid Al Madani, yang berada di Lingkungan Pusat Kota (Puspemkot) Serang tidak pernah ketinggalan untuk menyempatkan waktunya setelah menunaikan ibadah solat Jum’at berziarah di makam Ki Soleh dan Ki Ahmad yang berada tepat di belakang masjid tersebut.

“Ini salah satu bentuk silaturahmi antara yang hidup ke yang sudah meninggal dunia,” ujar Syafrudin kepada wartawan, Jumat (13/9).

Jadi, lanjut dia, sebenarnya ziarah itu salah satu silaturahmi yang hidup kepada yang meninggal. “Berdoa dan mendoakan yang meninggal itu salah satunya ziarah. Kebetulan saya juga senang ziarah, dan kebetulan disini (Puspemkot Serang) ada makam Ki Soleh,” katanya.

Namun, ia belum tau pasti tentang sejarah siapa sosok Ki Sholeh sebenarnya. Meski begitu, ia meyakini bahwa kegiatan ziarah atau mendoakan kepada yang terdahulu merupakan salah satu tradisi yang harus dilestarikan. “iya, ini juga untuk melestarikan budaya serta adat warga Serang,” ujarnya.

Ziaraha juga, kata dia, sebagai pengingat yang hidup kepada kematian. “Karena yang hidup pasti akan mati. Oleh karena itu, ziarah ini juga sebagai pengingat kematian bagi makhluk hidup, ” ucapnya.(Kie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here