Tryout Sport Scholarship, Kesempatan Siswa Sekolah Menengah Raih Beasiswa UPH

0
20 views

BantenKini.com KABUPATEN TANGERANG – Universitas Pelita Harapan terus berupaya membuka peluang bagi para siswa sekolah menengah untuk bergabung di UPH melalui beragam pilihan cara, termasuk melalui bidang olahraga. Para siswa yang memiliki talenta di bidang olahraga, berkesempatan mendapatkan beasiswa UPH melalui seleksi langsung di acara Sport Scholarship Tryout, yang diadakan pada 7 Desember 2019 di Kampus UPH Lippo Village.

“Program tryout ini bertujuan untuk menjaring talenta-talenta yang sesuai dengan visi misi, UPH serta Sport Department. Sekaligus memperkenalkan seperti apa UPH Sports, baik dari sisi nilai-nilai yang ditanamkan juga para pelatih dan mahasiswa yang tergabung sebagai student athlete,” jelas Andromeda, Manager Sport Department UPH.

Seleksi beasiswa olahraga melalaui program tryout ini merupakan pertama kalinya diadakan oleh Departemen Marketing and Admission bersama Sport Department UPH, untuk memberi kesempatan lebih luas kepada siswa dari seluruh area olahraga untuk berpartisipasi langsung di UPH.

“Biasanya pemberian beasiswa didasari pada talent scouting atau berdasarkan kompetisi, sehingga terbatas. Mungkin masih ada talenta-talenta yang terlewat dari pencarian melalui cara tersebut. Jadi melalui tryout di UPH, mereka secara langsung dapat memperlihatkan kemampuannya,” jelas Phoa Denny Oswaldo – Manager Student Consultant UPH.

Sebelum melakukan penilaian, kurang lebih 90 peserta yang datang dari beragam sekolah mendapat pesan langsung dari Direktur UPH Sport – Stephen Metcalfe, berupa wawasan bagaimana untuk menjadi seorang student athlete. Hal utama yang harus dimiliki yaitu sikap diri yang disiplin dalam setiap aspek kehidupan juga pengorbanan.

Tryout ini terbuka bagi para siswa kelas 12 yang berbakat di 5 area olahraga yaitu basket, sepak bola, futsal, badminton, dan renang untuk mendapat penilaian yang dilakukan langsung oleh pelatih di masing-masing bidang tersebut. Andro juga menambahkan bahwa untuk lolos dalam penilaian tidak hanya dibutuhkan kemampuan akademis dan kemampuan yang mumpuni di bidang olahraga, tapi juga bagaimana karakter yang baik dapat ditunjukkan para peserta selama penilaian.

Dengan kegiatan ini harapannya para peserta dapat menunjukkan kemampuan dan usaha mereka yang terbaik, dan mengetahui nilai-nilai yang ditekankan oleh Sport Department UPH. Sebagai kelanjutan dari kegiatan ini, para peserta akan diumumkan hasil seleksi untuk proses selanjutnya. Tentunya bagi siswa yang berbakat dalam bidang olahraga, dan mau bergabung di UPH, tetap dapat bergabung sebagai student athlete dan mengembangkan talenta olahraganya, baik melalui jalur beasiswa maupun regular.

Grady Cahyadi siswa SMAK 1 BPK Penabur menuturkan, ini pertama kali dirinya mengikuti tryout seperti ini di universitas. Awalnya, dirinya merasa tegang karena diingatkan agar bisa disiplin dan cape, tapi akhirnya bisa mengikuti proses tryout ini. Namun demikian ia mengaku senang bisa mengikuti kesempatan ini secara langsung, terlebih bisa bertemu teman-teman baru. Grasy Cahyadi berharap akan ada tryout berikutnya dari UPH.

Liana siswi SMK Unggul Sakti yang menjadi peserta tryout badminton putri mengungkapkan selama mengikuti sport scholarship tryout di UPH sangat menyenangkan. Karena saat datang langsung disambut dengan baik.

“Selama tryout selain dinilai kita juga benar-benar diperhatikan, dan kita di bimbing dari awal hingga akhir jadi kita tidak perlu bingung mengenai apa yang harus dilakukan. Saya berharap semoga saya bisa lolos tryout ini dan bergabung dengan UPH,” bebernya.***

Ateng Sanusih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here