Tidak Hanya Corona, RW 05 Poris Plawad Semprot Fogging untuk Hindari Nyamuk Demam Berdarah  

0
134 views

BANTENKINI.COM, TANGERANG – Peralihan musim atau pancaroba dari musim hujan ke musim panas menjadi ancaman tersendiri bagi masyarakat akan terkena virus nyamuk Aedes aegypti. Nyamuk betina yang membawa virus dengue penyebab penyakit demam berdarah. Sedangkan nyamuk Aedes aegypti jantan membawa virus zika, chikungunya dan demam kuning.

Demam Berdarah Dengue (DBD) menjadi ancaman penyakit yang muncul pada hampir setiap musim pancaroba. Untuk menghindari penyakit DBD tersebut, lingkungan RW 05 Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang melakukan fogging atau penyemprotan pestisida atau insektisida untuk membasmi nyamuk demam berdarah.

Penyemprotan dilakukan di setiap rumah warga RW 05 Poris Plawad dan menyisir ke saluran air (got) dan ke kebun kosong tempat bersarangnya nyamuk demam berdarah.

“Kita sengaja semprot nyamuk berdarah agar nyamuk pada mati dan warga sehat wal ‘afiat,” ujar Ahmad Fadhilah, Ketua RW 05 Poris Plawad

Menurutnya, ini penting dilakukan untuk mencegah terjangkitnya demam berdarah. Selain itu, ia juga meminta kepada warga agar menjaga kebersihan, menguras penampungan air dan menjalankan pola hidup bersih di masyarakat.

Sambil melakukan fogging, ia juga meminta kepada masyarakat agar melakukan physical distancing atau jaga jarak dan menghindari kerumunan, agar wabah virus corona yang melanda Indonesia dapat segera diatasi.

“Sebelumnya kita juga sudah melakukan penyemprotan disinfektan dan dari pihak kelurahan Poris Plawad juga sudah memberikan alat semprot, cairan disinfektan dan hand sanitizer. Pak lurah juga sudah menginstruksikan untuk membuat kampung siaga sampai tingkat RT. Mudah-mudahan ikhtiar ini ada hasilnya dan segala penyakit, virus corona dan DBD segera hilang di Indonesia,” ujarnya

Ketua RW 05 Poris Plawad juga mengucapkan rasa terimakasih kepada relawan kemanusiaan GCG (Gesang Cahaya Gemilang) dan relawan Gerakan Masyarakat Bela Negara  Rakyat Indonesia (GMBNRI), yang telah membantu terlaksananya fogging di RW 05 Poris Plawad.

“Hatur nuhun, terimakasih banyak atas bantuan jasa dan tenaga kepada para relawan di lingkungan RW 05 Poris Plawad. Salam hormat dan terus berjuang untuk membantu masyarakat. Semoga Allah SWT menjaga dan melindungi kita semua,” harapnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here