Satgas Sigacor Kampung Anggrek Kecamatan Pinang Terus Gencar Sosialisasikan Protokol Kesehatan

0
83 views

BANTENKINI.COM KOTA TANGERANG – Semenjak awal diberlakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di wilayah Kota Tangerang 18 April 2020, Kampung Anggrek RW 01 Kelurahan Sudimara Pinang Kecamatan Pinang Kota Tangerang gencar melakukan sosialisasi protokol kesehatan di lingkungan tersebut.

Tiap sudut jalan, warga secara swadaya menyediakan air dilengkapi dengan sabun untuk cuci tangan. Mereka juga melakukan penyemprotan cairan desinfektan di tiap lingkungan RT.

“Satgas Sigacor Kampung Anggrek selalu memgimbau kepada kepada warga agar senantiasa menjaga kesehatan. Pola hidup bersih dan sehat menjadi hal penting untuk mencegah wabah covid ’19,” jelas Ketua RW 01 Kelurahan Sudimara Pinang Kecamatan Pinang, Eko Wahyu Satrio saat menggelar Operasi Aman Bersama di lingkungan tersebut, Minggu pagi 1 November 2020.

Dikatakan Eko, Satgas Sigacor Kampung Anggrek RW 01 selama masa berlaku PSBB terus memperkuat lumbung pangan. Bantuan kebutuhan pokok Lumbung Pangan Kampung Anggrek RW 01 datang bukan hanya dari pemerintah dan warga lingkungan setempat, ada pula dari warga luar yang menyumbangkan sebagian rejekinya untuk lumbung pangan di sini.

Lumbung Pangan Kampung Angggrek, sambung Eko sampai saat ini masih terus mengumpulkan dan menyalurkan kebutuhan pokok kepada warga terdampak covid ’19. Satgas Sigacor Kampung Anggrek menyalurkan lumbung pangan kepada warga bila ada permintaan dari pengurus RT masing-masing lingkungan.

“Semua pengurus RW, RT dan tokoh masyarakat Kampung Anggrek bergandengan tangan dalam menanggulangi wabah korona ini. Kami senantiasa melakukan kerja bakti membersihkan lingkungan dan mengimbau warga agar senantiasa menerapkan protokol kesehatan,” terang Ketua RW 01 Sudimara Pinang, Eko Wahyu Satrio.

Ditambahkan Eko, Kampung Anggrek RW 01 Sudimara Pinang juga telah memiliki ambulan untuk digunakan warga yang memerlukan. Ambulan ini khusus untuk warga Kampung Anggrek tidak dikenakan biaya. Bila ada warga luar Kampung Anggrek yang membutuhkan, dipersilahkan untuk meminjam hanya dikenakan biaya bahan bakar dan pengemudi.

Mengenai Operasi Aman Bersama, sambung Eko, Satgas Sigacor Kampung Anggrek RW 01 Sudimara Pinang tiap minggu pagi menggelar kegiatan tersebut.  Bagi warga yang melintas di lokasi Operasi Aman Bersama tak mengenakan masker, maka mereka disanksi untuk menyapu jalanan kemudian diberi penjelasan agar senantiasa memakai masker. Warga yang terjaring Operasi Aman Bersama diberi masker oleh Satgas Sigacor Kampung Anggrek.

Di setiap hari Jumat, Tim Penggerak PKK Kampung Anggrek RW 01 Sudimara Pinang yang dipimpin Leitha Izati menggelar dapur umum di lingkungan itu. TP PKK Kampung Anggrek sedikitnya menyediakan 100 paket nasi lengkap dengan lauk pauk dibagikan kepada warga.

“Kami berbagi paket nasi ini bukan cuma untuk warga Kampung Anggrek, tapi juga kami bagi kepada warga tetangga. Ini bagian upaya kami warga Kampung Anggrek RW 01 Sudimara Pinang agar tetap tangguh di tengah wabah korona. Kami melakukan ini adalah ibadah yang bermanfaat bagi orang banyak,” jelas Ketua TP PKK Kampung Anggrek RW 01 Sudimara Pinang Kecamatan Pinang, Leitha Izati.

Sebagai kader PKK, lanjut Leitha Izati pihaknya juga gencar melakukan sosialiasi protokol kesèhatan kepada warga. Ia juga memanfaatkan aplikasi dari Tangerang LIVE untuk sosialiasi mencegah wabah korona kepada warga.

Edi Suyatno Ketua RT 01/01 Sudimara Pinang menambahkan warga secara swadaya menyediakan tempat cuci tangan lengkap dengan sabun. “Ini atas kesadaran warga untuk mencegah wabah korona di Kampung Anggrek,” jelasnya.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here