RW 06 Pinang Masuk Finalis KBA Tingkat Nasional

0
249 views

BANTENKINI.COM KOTA TANGERANG – Lingkungan RW 06 Pinang Griya Permai Kelurahan Pinang Kecamatan Pinang Kota Tangerang masuk finalis lomba KBANNOVATION 2020 kategori Kampung Berseri Astra (KBA). Di waktu bersamaan, Lele Organik Clarias dari bapak dan ibu Pangkat menjadi juara I lomba inovasi sederhana KBA se Indonesia mengalahkan 180 titik KBA se Indonesia.

Untuk meraih juara Indonesia dalam KBANNOVATION, KBA Pinang Griya harus mampu menyingkirkan sembilan KBA lainnya dari seluruh Indonesia.

Finalis KBANNOVATION 2020 kategori Kampung Berseri Astra yakni KBA Kemuning – Korwil Yogyakarta, KBA Ecovillage Cidadap Padalarang – PT Astra Honda Motor, KBA Kambitin Raya Kalsel – PT Ramapersada Nusantara Distrik Adaro, KBA Sumber Agung – Korwil Lampung, KBA Lengkong Kulon – Tangerang, KBA Pinang Griya Permai – Tangerang, KBA Pekayon – Bekasi, KBA Penyengat Rendah – Korwil Jambi, KBA Teemoane – Wakatobi, KBA Patuhu – Gorontalo.

Camat Pinang Kaonang mengapresiaai kesadaran warga RW 06 Pinang menata lingkungannya menjadi bersih, asri, hijau serta usaha mikro kecil menengah (UMKM) bergerak maju sehingga punya nilai dan mampu menggerakkan ekonomi masyarakat. Kesadaran warga KBA Pinang Griya ini hendaknya menjadi inspirasi di 81 rukun warga lainnya di wilayah Kecamatan Pinang.

“Ini satu hal yang membanggakan. Diharapkan sesuatu yang dimulai dengan keindahan, kerapihan dan UMKM yang mengedepankan nilai kearifan. Jadi bukan cuma profit oriented tetapi juga ada value oriented non finansial,” papar Camat Pinang Kaonang, Rabu petang 28 Oktober 2020.

Penggerak KBA Pinang Griya Permai, Prabudi Nawarindra akrab disapa Indra menjelaskan KBA Pinang berawal dari berdirinya Kampung Hijau di wilayah RT 03 RW 06 pada tahun 2017. Kemudian tahun 2018 menjadi KBA Pinang dengan wilayah 13 RT dan 440 kepala keluarga. Penggiat KBA Pinang Griya yang sebelumnya hanya 10 orang menjadi 60 orang terdiri dari para Ketua RT, PKK, kader Posyandu, guru PAUD, koperasi Pinang Aku Bisa, tim kelola lapangan olah raga dan kader KWT (Kelompok Wanita Tani).

“Keberadaan KBA Pinang adalah bagian dari Corporate Social Responsibility (CSR) Astra, melalui salah satu anak perusahaan Astra. Program CSR Astra untuk KBA dikenal dengan nama “Empat Pilar”.  Keempat pilar itu adalah kesehatan, pendidikan, wirausaha dan lingkungan,” terang Indra.

Dijelaskan Indra, KBA Pinang Griya masuk finalis KBANNOVATION 2020 kategori Kampung Berseri Astra berkat upaya bersama warga Pinang Griya Permai. Pasca Banjir 2020, Indra mengajukan KBA Pinang Griya sebagai Kampung Tangguh Produktif, karena tahun ini mendapat dua kali bencana banjir (Januari dan Februari serta pandemi covid ’19).

“Setelah banjir Januari kita mencoba bangkit untuk memperbaiki gerobak baca di Hutan Kota dan PAUD Dahlia yang buku-bukunya terendam banjir. Pilar Lingkungan mencoba bangkit dengan dibantu Kelompok Wanita Tani untuk menyiapkan polybag, media tanam dan bibit sayuran dan toga sehingga kami terpilih mewakili Kelurahan Pinang untuk Lomba Ketahanan Pangan tingkat kecamatan dan Kota Tangerang. Pilar Kesehatan, tim Posyandu Balita mengadakan pelayanan kesehatan dibantu dengan Satgas Covid ’19 RW 06 dan Posyandu Lansia mengadakan test swab gratis dari puskesmas. UMKM di KBA Pinang termasuk banyak dan diakomodir dengan berdirinya Koperasi warga yang legalitasnya dibantu oleh Astra Internasional,” tutur Indra.

Ditambahkan Indra, tahun 2019 KBA Pinang ikut serta dalam lomba foto Pilar Pendidikan dengan tema “Permainan Tradisional”. Usaha keras dari kader pendidikan KBA Pinang, Rika Sulistianingsih beserta putranya, Sakti dapat mencapai penghargaan tingkat KBA se-Indonesia.

Para anak muda pun tak mau kalah dalam bidang usaha wirausaha konveksi. Konveksi dari KBA Pinang menghasilkan jaket, kaos, baju untuk seragam dinas. Usaha keras ini berkat bantuan dari Menteri Perindustrian RI Agus Gumiwang yang memberikan sumbangan empat unit mesin jahit, juga pelatihan dari koperasi.

KBA Pinang diketuai Ida Meuthia, Ketua Pilar Pendidikan Prabudi Nawarindra, Ketua Pilar Kesehatan Sri Abraham, Ketua Pilar Lingkungan Budi Sumarsono, Ketua Pilar Wirausaha Sartono.***

Ateng San

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here