Puskesmas Pakai APD Dari Jas Hujan, Politisi Nasdem : Segera Beri APD Yang Layak

0
5 views

BANTENKINI.COM, SERANG – Meski belum ada kasus terkonfirmasi Covid-19 di Kota Serang, namun pemerintah diminta untuk siaga dan menyiapkan segala sesuatu dengan siap termasuk ketersediaan Alat Pelengkap Diri (APD).

Berdasarkan peta identifikasi sebaran Covid-19 di Wilayah Kota Serang dilihat dari website https://infocorona.serangkota.go.id/ ada sebanyak 55 ODP dan 4 PDP.

Namun kenyataan di lapangan terutama di Puskesmas Walantaka para tenaga medis masih menggunakan alat seadanya seperti jas hujan plastik dan pelindung kepala menggunakan helm. Bahkan, ada juga petugas yang menggunakan pelindung kepala dengan busa.

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Serang dari fraksi partai NasDem Jumhadi merasa prihatin dengan persiapan APD yang digunakan petugas medis untuk penanganan virus Corona (Covid-19) di Puskesmas Walantaka. 

Hal itu diungkapkan Jumhadi saat melakukan inspeksi mendadak (Sidak) kesiapan petugas medis di Puskesmas Walantaka ketika menghadapi pasien Covid-19, Jumat (27/3).

“Sangat disayangkan mereka masih menggunakan APD seadanya. Mereka menggunakan jas hujan dan helm yang digunakan pengendara motor. Saya merasa prihatin dengan keadaan ini,” jelas Jumhadi.

Selain itu, pihaknya juga mendapat keluhan dari tenaga medis dengan keterbatasan mobil ambulans yang hanya tersedi satu unit, itu pun untuk pasien penyakit umum.

“Saya juga tadi sudah sarankan kepada pihak puskesmas ketika nanti terjadi ada masyarakat yang terkena corona, harus nelpon pihak RSUD dan jangan pakai mobil ambulan yang sering dipakai untuk pasien biasa,” ucapnya.

Ia juga berharap dengan kejadian ini, Gugus Tugas Kota Serang yang diketuai oleh Sekretaris Daerah (Sekda) segera untuk melalukan langkah cepat dalam penanganan kasus ini. Apalagi, Pemerintah Kota (Pemkot) Serang menggelontorkan anggaran Rp 20 miliar untuk mengatasi Covid-19.

“Segera kasih APD yang layak, supaya bisa kerja maksimal. Kan anggaran gede tuh Rp 20 miliar. Itu anggaran luar biasa dan ada alokasi pembelian disinfektan dan hand sanitizer untuk melakukan penyemprotan ditiap kelurahan yang ada di Kota Serang,” tandasnya.

Dirinya dalam kesempatan ini menghimbau kepada masyarakat untuk selalu mentaati setiap anjuran dari pemerintah dengan membatasi setiap kegiatan kerumunan, berdiam di rumah.

“Menjaga selalu kesehatan, cuci tangan menggunakan hand sanitizer agar terhindar dari virus korona,” ujarnya.(Kie/Red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here