Pilkada Serang 2020, Bawaslu Awasi Ketat ASN

0
250

BANTENKINI.COM, SERANG – Menjelang Pilkada 2020, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Serang akan melakukan pengawasan ketat terhadap para Aparatur Sipil Negara (ASN) yang berada di wilayah Kabupaten Serang.

Hal tersebut diungkapkan Ketua Bawaslu Kabupaten Serang, Yadi kepada awak media melalui sambungan telepon, Jum’at (13/9).

“Sebetulnya semua pengawasan pada Pilkada 2020 sifatnya urgent dari mulai tahapan awal, persiapan pilkada hingga nanti tahap akhir,” ujarnya.

Isu netralitas ASN menjadi hal paling serius untuk diwaspadai dalam Pilkada Serentak 2020. Pasalnya, mobilitas ASN saat Pilkada lebih kencang dibanding Pemilu atau pemilihan tingkat nasional.

Untuk melakukan pengawasan terhadap para ASN, dikatakan Yadi pihaknya akan memberikan surat himbauan ketika mulai masuk tahapan pilkada 2020.

“Di samping itu kita juga akan melakukan sosialisasi dan menyampaikan himbauan kepada seluruh ASN yang ada di kabupaten Serang. Kita mengalir saja sesuai tahapan,” ucapnya.

Termasuk nanti juga akan fokus pada pengawasan money politik. sebab, Kata Yadi, Bawaslu juga tidak akan lepas dari fungsi pengawasan.

“Untuk itu ia akan mulai melakukan perekrutan badan AD HOC lebih cepat dari KPU. Kalau untuk pengawas TPS kemungkinan berubah dari mulai PTPS yang rekrut pasti berbeda dari yang direkrut kemarin,” tukasnya. (Kie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here