PENTINGNYA PUBLIC SPEAKING DALAM ERA DIGITAL

0
80 views

Public Speaking adalah salah satu profesi yang mungkin sering terabaikan dalam daftar pekerjaan yang prestisius, tetapi sebenarnya memiliki peran yang sangat penting dalam lingkungan. Public speaking bukan hanya “orang yang berbicara di depan umum”; mereka adalah ahli komunikasi yang memiliki kemampuan untuk memengaruhi, memotivasi, dan menginspirasi orang lain

Sebelum kita membahas lebih jauh, mari kita samakan persepsi tentang terlebih dahulu tentang apa yang dimaksud dengan public speaking.

Public speaking adalah kemampuan atau kegiatan berbicara di depan umum atau audiens dengan tujuan menyampaikan pesan, ide, atau informasi secara efektif. Ini melibatkan penggunaan kata-kata, nada suara, bahasa tubuh, dan ekspresi wajah untuk menyampaikan pesan dengan jelas, meyakinkan, dan memikat audiens.

Kemampuan public speaking tidak hanya merupakan keterampilan yang berharga dalam konteks profesional, tetapi juga dapat meningkatkan kepercayaan diri, kemampuan komunikasi interpersonal, dan kemampuan mempengaruhi orang lain.

Meskipun bagi sebagian orang berbicara di depan umum mungkin menimbulkan rasa takut atau kecemasan, keterampilan ini dapat dipelajari dan ditingkatkan melalui latihan, pelatihan, dan pengalaman.

Mengapa Public Speaking Penting di Era Digital?

1. Komunikasi yang Efektif: Public speaking adalah alat utama untuk berkomunikasi dengan audiens dalam berbagai konteks, termasuk presentasi bisnis, pidato politik, ceramah akademis, dan banyak lagi. Kemampuan berbicara dengan jelas dan meyakinkan memungkinkan ide dan pesan Anda untuk dipahami dengan baik oleh orang lain.

2. Memengaruhi dan Mempengaruhi: Seorang pembicara yang mampu menguasai public speaking memiliki kekuatan untuk mempengaruhi, menginspirasi, dan memotivasi orang lain. Dengan menyampaikan pesan yang kuat dan meyakinkan, seorang pembicara dapat mempengaruhi perilaku, sikap, dan pemikiran audiensnya.

3. Peningkatan Karir: Kemampuan public speaking yang baik sering kali menjadi kunci kesuksesan dalam karir seseorang. Dalam banyak profesi, seperti manajemen, pemasaran, dan penjualan, kemampuan untuk berbicara di depan umum adalah keterampilan yang sangat dihargai.

4. Peningkatan Percaya Diri: Melalui latihan dan pengalaman berbicara di depan umum, seseorang dapat meningkatkan tingkat percaya diri mereka. Menghadapi ketakutan akan berbicara di depan umum dapat membantu seseorang untuk menjadi lebih percaya diri dalam berbagai situasi.

Beberapa tantangan dalam public speaking meliputi:

1. Ketakutan Panggung: Banyak orang mengalami ketakutan panggung, yang dapat menghambat kemampuan mereka untuk berbicara di depan publik dengan percaya diri.

2. Kekhawatiran tentang Penampilan: Beberapa orang mungkin khawatir tentang penampilan fisik atau gaya berbicara mereka, yang dapat mengganggu fokus mereka saat berbicara di depan umum.

3. Menjaga Perhatian Audiens: Tantangan lainnya adalah menjaga perhatian audiens sepanjang presentasi. Dalam era di mana perhatian pendengar cenderung terbagi oleh berbagai distraksi, menghasilkan konten yang menarik dan relevan menjadi kunci.

4. Mengatasi Tekanan: Public speaking seringkali melibatkan tekanan untuk memberikan pesan dengan baik, terutama di hadapan audiens yang besar atau dalam situasi yang penting seperti presentasi bisnis atau pidato publik.

5. Persiapan yang Efektif: Persiapan yang kurang atau tidak memadai dapat menyebabkan kegagalan dalam menyampaikan pesan dengan jelas dan meyakinkan.

6. Menangani Pertanyaan atau Komentar Tidak Terduga: Selama sesi tanya jawab, pembicara mungkin dihadapkan pada pertanyaan atau komentar yang tidak terduga, yang memerlukan keterampilan dalam menanggapi dengan bijaksana dan meyakinkan.

7. Memiliki Keterampilan Organisasi yang Baik: Memastikan bahwa pesan disampaikan dengan urut dan terorganisir dengan baik dapat menjadi tantangan, terutama dalam presentasi yang kompleks atau panjang.

 

Tim Penyusun:

Nama : Hurul Aini

Alamat : Link cikerut permai

Tempat,Tanggal Lahir: Cilegon,22 juli 2003

pendidikan : Universitas Bina Bangsa

Nama : Hana Apriyanti

Alamat : Kp. Pasauran Kec. Cinangka

Tempat,tanggal lahir : Serang,9 April 2004

Pendidikan : Universitas Bina Bangsa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here