Pengamat Sebut Kepercayaan Masyarakat ke Polri Naik 80,2 Peresen

0
11 views

BantenKini.com Jakarta – Kepercayaan masyarakat terhadap Kepolisian Republik Indonesia (Polri) di bawah kepemimpinan Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo berdampak positif. Hal itu terpotret dalam survei terbaru Indikator Politik Indonesia, dimana tingkat kepercayaan publik terhadap Polri menyentuh angka 80,2 persen.

Angka ini tertinggi sepanjang sejarah survei opini publik dalam satu dekade terakhir. Artinya, selama 10 tahun terakhir, tingkat kepercayaan masyarakat terhadap Korps Bhayangkara selalu berada di bawah 80 persen.

Dilansir okezone.com yang diunggah pada 05 Desember 2021, Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menilai, kehadiran Sigit di instansi Polri memberikan angin segar di tubuh Polri. Ini ditandai dengan melesatnya kepercayaan publik terhadap Polri. “Trust publik terhadap Polri meningkat menjadi 80,2 persen. Ini tertinggi sepanjang sejarah survei opini publik dalam 10 tahun terakhir,” kata Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi dalam keterangannya, Minggu (5/12/2021).

Seperti diketahui, Sigit memimpin Korps Bhayangkara sejak 27 Januari 2021 menggantikan Jenderal Polisi Idham Azis. Menurut Burhanuddin tingginya tingkat kepercayaan publik terhadap Polri hingga 80,2 persen mengalahkan lembaga penegak hukum lain. Biasanya, tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum selalu menempatkan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) di posisi pertama. Tren ini terjadi sedari 2014 hingga 2018.

“Setelahnya, trust terhadap KPK terus menurun hingga berhimpitan dengan trust terhadap polisi pada survei 2019 dan 2020. Trust terhadap polisi akhirnya menyalip KPK dengan selisih jauh sejak survei terakhir November 2021,” ungkapnya.

Urutan kedua lembaga penegak hukum diisi oleh Mahkamah Agung (MA) dengan 64 persen responden menyatakan percaya dan 12 persen responden mengatakan sangat percaya.

KPK berada di peringkat ketiga aparat penegak hukum dengan 59 persen responden yang percaya dan 12 persen responden menyebut sangat percaya pada kinerja lembaga antirasuah itu.

Di tempat dan waktu yang berbeda, hasil survei terbaru yang dilakukan Indikator Politik Indonesia mendapat apresiasi dan tanggapan dari Media dan Lembaga di Banten.
“Terobosan serta gebrakan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo, rupanya meningkatkan kepercayaan publik terhadap Korps Bhayangkara di negeri ini. Keberhasilan kapolri ini terlihat dari tingkat kepuasan kinerja polisi dimata publik yang cukup tinggi Dengan Penanganan Covid 19 Yang baik oleh Kepolisian” kata CEO Presisinews.id, Egi Hendrawan, SH.

Sekjen Banten Corruption Watch, Agus Suryaman mengungkapkan bahwa hasil riset Indikator Politik sesuai fakta yang dapat dilihat oleh masyarakat Banten bahwa Polri dibawah kepemimpinan Jenderal Listyo Sigit Prabowo intensitasnya lebih tinggi dalam pelaksanaan pemberantasan korupsi dan kegiatan penanganan covid-19. “pengungkapan kasus korupsi dana desa di kabupaten/kota yang ada di banten, kasus korupsi BPN di Lebak dan yang lainnya juga kegiatan penanganan covid-19 menempatkan Polri sebagai lembaga penegak hukum yang sangat dipercaya publik dibanding APH lainnya” ungkap Agus.

Untuk diketahui, Indikator Politik Indonesia melakukan survei tatap muka pada 2-6 November 2021. Penarikan sampel dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan jumlah responden mencapai 2.020 orang. Survei ini memiliki margin of error kurang lebih 2,9% pada tingkat kepercayaan 95%.

Berikut grafik survei kepercayaan masyarakat terhadap Polri dari tahun 2014 hingga 2021 berdasarkan data Indikator Politik Indonesia. Tahun 2014 sebesar 57,5 persen, 2015 sebesar 68,6 persen, 2016 sebesar 73,2 persen, 2017 sebesar 76,5 persen, 2018 sebesar 79,8 persen, 2019 sebesar 80 persen, 2020 sebesar 72% dan di tahun 2021 80,2%.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here