Pemuda Diajak Membangun Wilayah

0
7 views

BantenKini.com KOTA TANGERANG – Camat Pinang, Kaonang menerima unsur pemuda Pinang dari KNPI, GP Ansor dan Banser. Ketua KNPI Kecamatan Pinang Muhammad Dicki dan Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Pinang A Fahrurozi diterima Kaonang usai pelaksanaan Doa Bersama HUT Kota Tangerang di kantor Kecamatan Pinang, Senin malam 24 Februari 2020.

Dalam kesempatan itu para pemuda Pinang diajak untuk membangun wilayah dengan menumbuhkan kampung tematik nan bersih asri menjadi penggerak ekonomi masyarakat. Dikatakan Camat Pinang, Muslim itu mengajarkan untuk hidup bersih. GP Ansor harus pinter dan selalu menjaga kebersihan lingkungan.

“Maka Ansor dan KNPI serta unsur pemuda Pinang lainnya harus menjadi penggerak pertumbuhan ekonomi masyarakat dan menjadi agen pembangunan wilayah. Pemkot Tangerang mencanangkan kampung tematik untuk menjadikan warga kota ini memiliki daya saing,” jelas Camat Pinang, Kaonang kepada unsur Pemuda Pinang.

Pemuda Pinang ditantang oleh camat untuk membuat kegiatan inovatif dan ada maslahatnya untuk warga. Misalnya, memanfaatkan lingkungan yang ada untuk bertanam tumbuhan memiliki nilai ekonomi, di antaranya tanam jahe. Pemuda juga diminta untuk mencari mushola di lingkungan Kecamatan Pinang yang perlu dibersihkan dan dirapikan.

“Bila ada mushola yang perlu dirapikan, maka mari kita sama-sama kita rapikan. PR ini saya berikan kepada pemuda. Saya tunggu dalam satu minggu sudah ada yang bisa kita kerjakan bersama,” tegas Camat Pinang, Kaonang.

Ketua DPK KNPI Kecamatan Pinang, Muhammad Dicki mengatakan pemuda akan segera menjawab tantangan Camat Pinang. Dudah seharusnya sebagai pemuda berperan aktif dalam pembangunan. Pemuda harus memiliki rasa cinta dan bangga terhadap kampungnya.

“Pemuda harus sadar akan tanggung jawab moral dan tanggung jawab sosial terhadap lingkungannya. Sehingga terbangun motivasi untuk melakukan sesuatu aksi nyata untuk wilayah dan masyarakat,” papar Ketua KNPI Pinang, Muhammad Dicki yang akrab disapa Ikim.

Ikim mengaku sangat merespon positif tantangan Camat Pinang sehingga bisa berbuat sesuatu yang bermanfaat bagi masyarakat. Ia juga akan segera mengkomunikasikan ini dengan organisasi kepemudaan (OKP) lainnya yang ada di Kecamatan Pinang untuk bersama-sama terjun langsung membangun wilayah.

Ketua GP Ansor Kecamatan Pinang, A Fahrurazi mengungkapkan sebagai pemuda tantangan dari Camat Pinang, Kaonang untuk membangun wilayah ini harus direalisasikan dan dijawab oleh pemuda dengan aksi nyata. Bukan saatnya pemuda hanya beretorika. Kini saatnya pemuda harus berperan langsung membangun wilayah yang bisa dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Sebenarnya PAC GP Ansor Kecamatan Pinang sudah bergerak dalam aksi nyata berperan membangun wilayah. Ketika banjir di wilayah komplek Pinang Griya Permai awal Januari kemarin, kami Ansor Banser terjun langsung membantu mengevakuasi korban banjir, membangun posko banjir dan juga menyalurkan bantuan secara langsung kepada korban banjir,” beber Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Pinang, A Fahrurozi.

Diakuinya, masih banyak pekerjaan rumah (PR) yang harus dikerjakan PAC GP Ansor Kecamatan Pinang dalam membangun wilayah. Untuk menyelesaikan PR itu, kata Fahrurozi pihaknya akan terus bersinergi dengan KNPI Kecamatan Pinang bersama Pemerintah Kecamatan Pinang sehingga manfaat peran pemuda dalam pembangunan dapat lebih dirasakan oleh masyarakat.***

• Ateng Sanusih | Ahmad Fadhilah

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here