Muhammad Rizal DPR RI Bersama Kemenkes Sosialisasi Germas di Curug

0
51 views
Kegiatan sosialisasi Germas.
Kegiatan sosialisasi germas.

KABUPATEN TANGERANG, – Dewan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI bersama Direktorat Kesehatan Jiwa Kementerian Kesehatan RI menggelar kegiatan sosialisasi Germas gerakan masyarakat hidup sehat di Kabupaten Tangerang.

Kegiatan sosialisasinya di gelar di Aula Kitribakti Pusdiklat Pemkab Tangerang, Kecamatan Curug, Kabupaten Tangerang.

Sosialisasi Germas tersebut bertemakan ‘melalui enam pilar transformasi kesehatan dan pencegahan stunting, penyakit menular, dan penyakit tidak menular’.

Sosialisasi itu dihadiri dari berbagai narasumber seperti dari Tim Direktorat Keswa Kemenkes RI Bapak Bambang Purwanto SKM, MKN, Dinas kesehatan provinsi Banten di wakili bapak Amsir, serta Kepala dinas kesehatan kabupaten tangerang bapak dr Ahmad Muhlis mars.

Dewan Muhammad Rizal Anggota Komisi IX DPR RI mengatakan kegiatan ini dalam rangka memberikan wawasan dan pengetahuan masyarakat tentang program kesehatan.

Kegiatan Sosialisasi Germas.
Kegiatan sosialisasi germas.

“kegiatan sosialisasi ini penting sekali, tadi sudah dijelaskan oleh narasumber, sesuai temanya, masyarakat harus mengetahui tentang enam pilar transportasi kesehatan yang terdiri dari Transformasi Layanan Primer, Transformasi Layanan Rujukan, Transformasi Sistem Ketahanan Kesehatan, Transformasi Sistem Pembiayaan Kesehatan, Transformasi SDM Kesehatan, dan Transformasi Teknologi Kesehatan.” terangnya

Dewan Rizal melanjutkan selain itu juga masyarakat harus mengetahui tentang pencegahan stunting, dan penyakit yang menular maupun yang tidak menular.

“untuk pencegahan stunting, masyarakat harus mengoptimalkan asupan gizi anak, jangan sampai anak anak kekurangan gizi, maka dari itu masyarakat harus melakukan pola 4 sehat 5 sempurna, makan sayuran, buah-buahan, daging, vitamin, dan berolahraga,” jelas dewan Muhammad Rizal Politisi PAN asal daerah pemilihan Banten III, Tangerang Raya, Senin (29/5/2023).

Kegiatan sosialisasi germas.
Kegiatan Sosialisasi Germas.

Dewan Rizal mengungkapkan bahwa hidup sehat ini merupakan upaya menghindarkan masyarakat dari berbagai penyakit seperti penyakit jantung, diabetes, kolesterol, dan hypertensi dan penyakit lainnya.

“Semoga kegiatan sosialisasi germas ini dapat bermanfaat untuk masyarakat, sehingga masyarakat menyadari bahwa pola hidup sehat itu sangat penting sekali, baik di keluarga maupun di lingkungan masyarakat, kita harus menyiapkan generasi selanjutnya menjadi generasi emas,” ungkapnya.

Sementara itu Kepala dinas kesehatan kabupaten tangerang Ahmad Muhlis mengatakan kegiatan sosialisasi germas ini sangat bagus sekali untuk di ketahui masyarakat.

Dewan Muhammad Rizal dan narasumber saat foto bersama masyarakat.
Dewan Muhammad Rizal dan narasumber saat foto bersama masyarakat.

Selaras dengan peraturan Bupati nomor 53 tahun 2022 tentang Gerakan Masyarakat Sehat (Germas).

“saat ini Pemkab Tangerang menargetkan penurunan stunting hingga 14 persen. Sedangkan target penurunan AKI yakni pada angka 54 persen dan AKB sekitar 3 persen.” jelasnya

Sekitar 600 peserta dari berbagai elemen masyarakat antusias menghadiri kegiatan sosialisasi tersebut, seperti dari tokoh masyarakat, tokoh agama, kader puskesmas, kader posyandu, kader PKK, ibu-ibu pengajian, RT/RW, mahasiswa, dan pemudi-pemudi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here