Kirab Budaya dan Ruwat Bumi di Tangerang Bakal Masuk Rekor Muri

0
53 views
FOTO: (ilustrasi)

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Setelah sukses menggelar Festival Cisadane, Kota Tangerang bakal kembali diramaikan dengan pagelaran Kirab Budaya dan Ruwat Bumi. Acara tersebut bakal menorehkan rekor muri pada 8 September mendatang.

Ketua Panitia Kirab Budaya dan Ruwat Bumi 2019, Benny Susanto mengatakan, acara yang bakal menampilkan kebudayaan keturunan Tionghoa Kota Tangerang ini, juga akan diwarnai sejumlah benda pusaka Vihara dan diarak berkeliling Kota Tangerang.

Vihara Dhamma Budhi Bhakti didaulat menjadi tuan rumah Kirab Budaya dan Ruwat Bumi 2019. Puluhan vihara dari berbagai wilayah diundang untuk meramaikan acara tujuh tahunan tersebut. Benny mengatakan, sebanyak 148 Tandu Dewa atau Ki Oh vihara undangan akan ditampilkan dalam kirab tahun ini.

“Selama ini orang melakukan kirab budaya gak pernah sampe 100 Ki Oh, sekarang kita ini 148 Ki Oh. Itu yang dapat rekor muri. Nanti Kim Sin atau para Dewa datang ke tempat ini, dari Jawa Tengah, Timur, Barat, ada juga Palembang, Lampung dan Jabodetabek,” kata Benny di Vihara Dhamma Budhi Bhakti, Neglasari, Rabu (21/8/2019).

Selain menampilkan 148 Ki Oh, kebudayaan Cina Benteng lainnya bakal ditampilkan juga. Benny merinci sejumlah kebudayaan itu di antaranya Pengantin Cio Tao.

Sebagai perstiwa kebudayaan, Kirab Budaya dan Ruwat Bumi ini diprediksi menyedot perhatian banyak pihak tak terkecuali penggiat foto. Karenanya, panitia penyelenggara menyisipkan lomba foto dalam acara tersebut. Hadiah jutaan rupiah disiapkan bagi pemenang lomba foto tersebut.

“Untuk lomba foto itu supaya ramai juga, kita mengajak para penggiat foto untuk ikut serta dalam kirab kita,” tandasnya.

. Helmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here