Kemensos Beri Bantuan dan Pelatihan ESQ di LPKA Tangerang

0
251
FOTO: Kanya Eka Santi, Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kemensos RI saat menyerahkan bantuan secara simbolis

BANTENKINI.COM, TANGERANG – Program Sehari Bersama Anak diselenggarakan oleh Kementerian Sosial (Kemensos) melalui bidang rehabilitasi sosial bertempat di Lembaga Pemasyarakatan Khusus Anak (LPKA) Klas I Tangerang, Sabtu (24/8/2019).

Kegiatan yang bertema Anak Bahagia Indonesia Sejahtera ini merupakan salah satu rangkaian dalam memperingati Hari Anak Nasional yang jatuh pada 23 Juli 2019.

“Kami memang sengaja memilih kelompok anak tertentu. Misalnya seperti sekarang di LPKA. Karena kami melihat anak-anak berhadapan dengan hukum yang jumlahnya meningkat,” ungkap Kanya Eka Santi, Direktur Rehabilitasi Sosial Anak Kemensos RI, Sabtu (24/8/2019).

FOTO: Suasana saat pelatihan ESQ dan beberapa permainan

Dalam kesempatan tersebut, Kemensos memberi bantuan uang sebesar Rp 1juta kepada setiap warga binaan di LPKA Klas I Tangerang. Selain itu, Kemensos juga memberi pelatihan ESQ, atau pelatihan kecerdasan emosional dan spiritual kepada warga binaan. ESQ sendiri dilakukan untuk membangun emosional dan membentuk karakter para warga binaan.

“Kami sengaja gandeng Kemenkum HAM supaya anak-anak yang bermasalah dengan hukum ini dapat merasakan sentuhan dan kegembiraan di Hari Anak Nasional,” katanya.

“Dan kami selalu berupaya agar masalah yang dihadapi anak-anak ini dapat teratasi. supaya mereka bahagia. Kalau anak-anak bahagia pasti Indonesia sejahtera,” imbuhnya.

Program Sehari Bersama Anak ini pun disambut hangat seluruh warga di LPKA Klas I Tangerang. Kasie Pembinaan LPKA Kelas I Tangerang, Herti Hartati mengaku bahwa pihaknya selalu mendorong warga binaan untuk dapat berbaur agar senantiasa diterima masyarakat setelah bebas menjalani hukuman kemudian hari.

“Kami berharap anak-anak kami bisa berbahagia dan bersuka cita. Karena jika sudah di luar nanti mereka bertemu langsung dengan masyarakat,” tuturnya.

FOTO: Tim hadroh LPKA Klas I Tangerang

Acara yang diikuti sebanyak 106 warga binaan ini diwarnai penampilan Hadroh dari anak-anak LPKA Klas I Tangerang binaan Kasubsie Pendidikan dan Latihan Keterampilan Bergy Riyadi bersama Staf Pembinaan LPKA Kelas I Tangerang Andri Ferly.

“Tim hadroh ini rencananya akan kami ikutsertakan pada perhelatan lomba hadroh internasional di Festival AL-Azhom 2019 mendatang,” kata Andri Ferly, seusai acara.

Dengan demikian, dirinya berharap warga binaan dapat termotivasi dengan cara berpartisipasi dalam kegiatan-kegiatan di tingkat kota maupun nasional. Hal itu menurutnya, agar para warga binaan terbiasa untuk siap tampil di tengah masyarakat.

. Helmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here