Kaonang, Penegak Perda Menjadi Camat Pinang

0
134 views

BantenKini.com KOTA TANGERANG –  Selama tiga tahun (2017 – 2020) menjabat Kepala Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Kabid Gakumda Satpol PP) Kota Tangerang, Kaonang telah membuktikan kinerja yang sangat baik. Di bawah kepemimpinan Kaonang, Bidang Gakumda Satpol PP Kota Tangerang sebagai garda terdepan penegakan Perda dan Perwal dianggap berhasil memberikan rasa tenteram dan nyaman warga Kota Tangerang.

Penegasan itu dilontarkan Ketua Badan Potensi Pembinaan Keluarga Besar
(BPPKB) yang juga anggota DPRD Kota Tangerang, Saiful Millah usai pelantikan Kaonang menjabat Camat Pinang oleh Walikota Tangerang, Senin 6 Januari 2020. Menurut Saiful Millah, selama tiga tahun di Gakumda Satpol PP, Kaonang telah memberi nuansa baru dalam penegakan Perda/Perwal.

Kaonang, kata Saiful Millah secara massif melakukan penegakan ijin mendirikan bangunan (IMB) dalam rangka mendorong pendapatan asli daerah (PAD). Sementara guna menggenjot pendapatan daerah dari sektor pajak reklame, Kaonang juga gencar melakukan penindakan terhadap media iklan menunggak pajak.

Diungkapkan Saiful Millah, dilakukannya penyegelan oleh Bidang Gakumda Satpol PP terhadap kedai penjual miras yang menjadi “racun” Akhlaqul Karimah menjadi efek jera bagi penjual minuman haram itu. Saiful Millah juga mengatakan, garda terdepan penegak Perda ini juga melakukan penindakan terhadap kios kosmetik yang menjual obat keras dan meracuni generasi bangsa sampai diseret ke pengadilan negeri untuk disidang tindak pidana ringan.

Ketua DPRD Kota Tangerang, Gatot Wibowo memandang pergeseran pejabat di lingkungan Pemerintah Kota Tangerang merupakan wewenang Walikota, Arief Wismansyah. Kepada para aparatur sipil negara yang ditempatkan pada posisi baru, Gatot Wibowo mengucapkan selamat menjalankan tugas. Kerjakan tugas dengan sebaik-baiknya.

Kepala Seksi Hubungan Antar Lembaga (Kasi Hubtarga) Bidang Gakumda, Ahmad Payumi menjelaskan, dalam setiap penindakan di lapangan Kaonang sebagai pimpinan terjun langsung bersama para staf. Dijelaskan Ahmad Payumi, selaku pimpinan Kaonang bekerja langsung bersama staf.

Kepala Seksi Penegakan Bidang Gakumda, Tatang Sumantri selama dipimpin Kaonang sangat merasakan rasa kebersamaan dalam bertugas. Tiga tahun di Satpol PP, Kaonang telah memberi warna baru dalam ritme kerja. Kaonang, kata Tatang Sumantri berhasil menciptakan kekompakan, soliditas dalam bekerja di antara staf.

“Semenjak beliau memimpin Bidang Gakumda, banyak perubahan positif terhadap kinerja seluruh staf. Beliau mentradisikan tiap pagi ada briefing dilanjutkan dengan laporan hasil kerja dan rencana kerja hari itu untuk para staf,” terang Kasi Penegakan Gakumda, Tatang Sumantri.

Ketegasan Kaonang dalam menegakkan Perda diakui para staf Bidang Gakumda. Otong Kosasih, salah seorang staf Bidang Gakumda menguraikan sepanjang Kaonang menjadi pimpinannya, banyak langkah tegas yang pernah dilakukan. Disebutkan Otong, pemotongan billboard atau reklame luar ruang ukuran besar dan kecil yang tak memiliki ijin juga gebrakan yang dilakukan Kaonang guna mendongkrak pajak reklame.

Dampaknya, kata Otong Kosasih dalam kurun dua tahun terakhir, pemasukan dari pajak reklame meningkat bahkan melebihi target. Kaonang juga bertindak tegas terhadap para kontraktor pembangunan menàra base transceiver station (BTS) yang membangun tanpa ijin atau si luar titik.

“Hanya terjadi di era pak Kaonang menjabat Kabid Gakumda, menara BTS bukan hanya disegel, bahkan dirobohkan. Demikian pula billboard besar, dirobohkan. Banyak hal baru dalam penegakan yang dilakukan pak Kaonang,” ungkap Otong Kosasih.

Suwardi, staf Gakumda Satpol PP menambahkan, sebagai pimpinan Kaonang juga bisa sebagai orang tua, kadang juga sebagai teman. Ketika ada anggota Bidang Gakumda yang sakit, sambung Suwardi, Kaonang mengajak seluruh staf untuk menjenguk bersama-sama. Rasa kebersamaan tumbuh kuat di Bidang Gakumda.

Pemerhati Tangerang Live, Yahya Suhada mencatat banyak catatan yang telah ditorehkan Kaonang dalam penegakan Perda. Kata Yahya, Kaonang menindak tegas penjual minuman keras, penjual obat keras, pedagang kaki lima, pekerja seks komersial online dan pencemar lingkungan. Sederet pelanggar Perda ia seret ke pengadilan negeri untuk disidang tindak pidana ringan (Tipiring). Tidak sedikit pula PSK, gepeng dan anjal yang terjaring penegakan ia serahkan ke Dinas Sosial untuk dilakukan pembinaan.

“Gebrakannya dalam penegakan Perda membuat warga kota Akhlaqul Karimah ini merasa tenteram dan nyaman sehingga Kota Tangerang menjadi lebih baik sesuai dengan Tangerang Live,” jelas Yahya Suhada menanggapi diangkatnya Kaonang menjabat Camat Pinang, Senin 6 Januari 2020.

Sementara itu, Walikota Tangerang Arief R Wismansyah belum menunjuk pejabat pengganti Kaonang di Gakumda Satpol PP. Menurut analisa Yahya Suhada, ada kemungkinan Walikota Tangerang belum menemukan sosok yang bisa menyamai Kaonang dalam memimpin Bidang Gakumda Satpol PP.

Pengalaman organisasi Kaonang:
1.Ketua Aenat Stisip Yuppentek
2.Wakil Ketua KNPI Provinsi Banten
3.Presidium GMNI Pusat
4.Ketua Umum Iluni Stisip Yuppentek
5.Ketua Pertina Kota Tangerang
6.Sekarang dosen masih aktif
7. Kandidat Doktor Managemen di Unpas Bandung

Selain itu, Kaonang juga merupakan salah satu pimpinan aktivis ’98 yang turut menumbangkan Orde Baru.***

Ateng Sanusih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here