Jelang HUT RI ke-74, Warga RW 05 Poris Plawad Gotong Royong Hias Gapura dan Kampung

0
118

BANTENKINI.COM, TANGERANG – Menjelang Perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia ke-74 tahun, yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2019, warga Rukun Warga (RW) 05, Kelurahan Poris Plawad, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, secara gotong royong bahu membahu menghias gapura dan memasang pernak-pernik Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, berupa bendera merah putih di kawasan padat penduduk, sepanjang Gang Sawo 1, di Jalan KH Agus Salim, Poris Plawad.

“Pada hari Minggu kemarin, warga gotong royong menghias gapura, tidak puas dengan hiasan gapura, pernak-pernik atribut HUT Kemerdekaan RI dilanjutkan pemasangannya hingga ke dalam gang. Pengerjaannya tersebut dilakukan di malam dan siang hari di waktu kerja,” ucap Ahmad Fadhilah, Ketua RW 05, Kelurahan Poris Plawad.  Rabu (7/8/2019)

Menurutnya, menghias gapura dan mempercantik kampung menjelang peringatan HUT RI merupakan sesuatu yang lumrah dilakukan oleh warga. Sebab, kalau tidak ada hiasan gapura dan pemasangan atribut kemerdekaan, justru dirasa janggal dan tidak meriah.

“Sudah menjadi tradisi, setiap tahunnya gapura harus dirapihkan dan kampung dihias. Ini dilakukan agar suasana kemerdekaan benar-benar terasa di masyarakat,” ucap Ahmad Fadhilah

Tidak hanya itu, kata Ketua RW 05, gotong royong menghias kampung merupakan bagian dari menjalin silaturahmi dan keakraban antar warga. Selain itu, juga menumbuhkan semangat nasionalisme terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI)

Rencananya, Kegiatan HUT RI ke-74 di  RW 05 bakal digelar secara meriah dengan beragam perlombaan tradisional di masing-masing wilayah Rukun Tetangga (RT) 01, 02, 03 dan RT 04. Tidak sampai di situ, panggung hiburan sebagai simbol pesta rakyat juga bakal digelar di penghujung bulan Agustus 2019.

“Tepatnya tanggal 17 Agustus 2019, secara serentak di semua RT bakal ada perlombaan tradisional, untuk anak-anak, remaja maupun orang dewasa,”  ujarnya

Masih menurut Ketua RW 05, yang membedakan HUT RI tahun ini dengan tahun kemarin adalah pada rangkaian kegiatannya. Tahun ini rencananya bakal ada acara tabligh akbar di  RT 03/05, dengan menghadirkan kiai kondang dari Jakarta.

“Selain itu, Insya Allah, ini baru rencana, bakal ada dongeng kemerdekaan untuk bocah-bocah kecil di penghujung bulan Agustus,” ucapnya

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here