Jalin Keakraban, 300 Pelajar Papua Di Banten Rayakan Natal Bersama

0
26 views

BANTENKINI.COM, SERANG – Puluhan Pelajar dan Mahasiswa yang berasal dari Papua dan Papua Barat menggelar perayaan natal 2019 dan tahun baru 2020 di GOR Korem 064 Maulana Yusuf (MY) Serang, Sabtu (14/12).

Puluhan pelajar dan mahasiswa yang sedang mengenyam pendidikan di Banten ini nampak terlihat akrab dan saling bercengkrama satu sama lainnya.

Kegiatan yang mengambil tema “Hiduplah Sebagai Sahabat Bagi Semua” ini diikuti oleh sekitar 300 mahasiswa dan pelajar Papua dan Papua Barat yang tersebar di Banten.

Mahasiswa Papua Hanok Simes menuturkan dengan perayaan natal ini berharap ikatan persaudaraan mahasiswa Papua yang berada di Banten bisa lebih saling mengenal dan akrab satu sama lain.

“KlHarapan kami kedepan bisa dilakukan acara seperti ini lagi agar bisa saling akrab dan bisa menghilangkan stres kami yang jauh dari orang tua dan bisa memberikan kebahagian bagi kami para perantau,” ujar pria yang sedang berkuliah di Untirta ini.

Sementara itu Ketua Pelaksana Anastasia Umbop menuturkan dengan adanya perayaan natal ini persaudaraan mahasiswa Papua yang sedang merantau bisa lebih erat lagi.

“Bisa lebih dekat, bisa saling mengenal satu sama lain tanpa membeda bedakan suku agama dan bangsa, intinya bisa mempererat mahasiswa Papua dan Papua Barat di Banten,” ujarnya siswa SMA 2 Kota Serang ini.

Sementara itu untuk Khotbah Natal disampaikan oleh Pendeta Andi Sembayang. Pada kesempatan ini dihadiri juga oleh mahasiswa Papua yang beragama muslim sebagai tamu undangan.

Mereka (Mahasiswa Pelajar Muslim) diundang agar lebih dekat saja untuk bersilaturahmi nantinya mereka menyesuaikan saja,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) (Kabinda) BantenBrigjen TNI Hendi Hendra Bayu Prasetyo melalui Staff Binda Banten Erwin Santana menuturkan pihaknya sangat mengapresiasi kegiatan ini untuk
untuk membina adik- adik mahasiswa dan pelajar Papua untuk fokus belajar.

“Tidak memikirkan hal lain terkait dengan politik, konflik di Papua sana, kita disini bersatu dalam bingkai NKRI. Mereka untuk tetap fokus belajar untuk apa tujuannya supaya mereka bisa membangun papua dan juga sekaligus berkiprah di mana pun karena semuanya ada dalam bingkai NKRI,” ucapnya.

Pihaknya juga meminta kepada adik-adik mahasiswa dan pelajar Papua di Banten untuk tetap menghormati adat istiadat di Banten.

“Jadi saya pesan tadi ibarat pepatah dimana bumi dipijak disitu langit di junjung mereka bisa bersosialisasi dengan baik jadi jangan sampe dia eksklusif gitu bersosialisasi sama lingkungan dan menjaga serta menunjukkan sikap yang baik,” ujarnya.

Ditempat yang sama Komandan Detasemen Perhubungan Korem 064 My Serang Letkol Cbh Antonius Petangkasa Darma Ariawibawa mengatakan kegiatan ini sengaja dilakukan Di Makorem 064/MY Serang sebagai bentuk tanggung jawab teritorial Korem.

Mereka bisa merayakan Natal disini dengan harapan adek-adek mahasiswa Papua di Banten ini tidak mudah menerima hoaks ada informasi apapaun Jangan mudah diterima.

“Belajarlah yang baik untuk masa depan kalau sudah lulus bisa membangun Papua atau bisa berkiprah di manapun. Mereka juga harus bisa bersosialisasi dengan baik,” tukasnya.(Kie).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here