Inspiratif, Warga Kota Serang Bangun Madrasah Secara Swadaya

0
6 views

BANTENKINI.COM, SERANG – Berangkat dari kesadaran akan pentingnya pendidikan bagi anak usia dini Warga RW 021, Perumahan Taman Banten Lestari (TBL), Kelurahan Unyur, Kecamatan Serang, Kota Serang secara swadaya membangun gedung serba guna dan Madrasah An – Nur.

Dari hasil sumbangan warga tersebut terkumpul dana sekitar Rp 250 juta rupiah yang dialokasikan untuk pembangunan gedung tersebut guna memudahkan pendidikan anak.

Ketua RW 021 Perumahan TBL, Heru Nugraha mengungkapkan, dalam membangun madrasah ini, warga bukan menolak segala jenis bantuan dari pemerintah atau dari pihak lainnya tapi warga berkeinginan untuk melakukan pembangunan secara mandiri.

Tak hanya itu, pada saat itu juga dalam proses perumusan pembangunan gedung serba guna secara kebetulan dihadapkan dengan momentum politik. Hal itu pula yang memperkuat keyakinan warga untuk mengambil langkah gotong royong.

“Waktu itu menjelang tahun politik kita tidak mau terlihat masyarakat memanfaatkan momen itu sehingga kita memilih jalan swadaya,” kata Heru saat ditemui dilokasi, TBL, Kota Serang, Sabtu (20/7).

Maka, atas situasi seperti itu masyarakat saling bahu membahu dalam mmeberikan bantuan untuk kelancaran pembangunan madrasah selama satu tahun.

“Swadaya itu dari masyarakat sendiri yang membantu secara berkesinambungan baik secara materil dan finansial,” ucapnya.

Sementara, Walikota Serang Syafrudin mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi langkah yang diambil warga perumahan TBL khususnya di RW 021 yang sudah membangun SDM yang berkompeten di Kota Serang melalui pembangunan madrasah.

“Gedung ini bisa di gunakan untuk kegiatan masyarakat baik kegiatan-kegiatan sosial atau lainnya. Dan madrasahnya bisa dipake anak-anak sekolah disini, karena pendidikan madrasah ini jauh lebih penting dari pada pendidikan umum,” tukasnya. (Kie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here