Ingin Jokowi Datang, Rakyat Bertani Cacing Sutra Tangerang Akan Berdikari dan Buat Kampung Wisata

0
50 views

BANTENKINI.COM, TANGERANG – Mencari cacing sutra di kali Cisadane Tangerang menjadi profesi penopang hidup masyarakat Rakyat Bertani di Jalan Asrama Damatex, Cikokol, Tangerang Kota.

Wilayah yang dikenal sebagai Kampung Cacing, ditempati sekelompok masyarakat yang selama ini berpindah tempat untuk menjadi lumbung kehidupan.

“Masyarakat Rakyat Bertani cacing sutra selama ini berpindah-pindah tempat, karena beberapa kali harus tergusur. Ditempat yang sekarang baru sekitar setahun, kami berencana menetap disini dan membeli tanah disini dengan karakter kampung cacing yang seperti ini,” Ucap Mang Yus Ketua Kelompok Tani Cacing Sutra Tangerang.

Tanpa ada kabar ke masyarakat setempat, Sabtu malam, 24 Desember 2022, Dian Sumarwan Sekjen DPP Posraya Indonesia Tim 7 Jokowi datang menemui Rakyat Bertani Cacing Sutra, untuk mendengar keluh masyarakat kampung cacing.

“Maaf saya datang dadakan, yaa biar tidak ada yang disiapkan, saya ndak mau merepotkan, saya disini cuma mau mendengar dan coba cari cara untuk meningkatkan ekonomi Rakyat Bertani disini. Anggap saja saya anak, adik atau saudara biar ngobrolnya santai, jadi kalau saya sering kesini jadi banyak saudara,” ucap Dian.

Pemasaran menjadi salah satu kendala masyarat disana.

“Walaupun di cisadane cacing sutra kadang juga hilang kita masih bisa nyari ke Jakarta untuk memenuhi kebutuhan, cuma ya kadang cacing ada yang mau beli gak banyak. Kalau kita punya pasar untuk jual banyak, pendapatan pasti juga naik. Pengennya juga sih Pak Jokowi datang kesini buat lihat-lihat” ucap salah satu petani cacing.

Selain akan berdikari untuk tingkatkan ekonomi, Rakyat Bertani disana jadikan tempatnya sebagai wisata tani cacing sutra.

“Jadi ini sudah siap untuk meningkatkan ekonomi dengan berdikari, selain itu biar ada tambahan lagi disini kita jadikan tempat wisata tani sutra, jadi yang berkunjung bisa ikut mencari cacing sutra naik perahu. Satu lagi, kita minta hadir kelompok pecinta ikan hias untuk datang kesini biar bisa melihat dan membeli langsung. Kalau disini sudah berdikari Pak Jokowi datang juga sudah tau apa langkah yang harus diberikan. Lagi pula saya juga bakal sering kesini jadi perkembangan kita kawal secara gotong-royong.” tambah Dian.

Selain petani cacing yang hadir, ada juga ibu-ibu yang hadir dimalam itu yang rata-rata setiap harinya hanya menunggu suaminya pulang cari cacing, ‘alias ibu rumah tangga’.

“Untuk kehidupan ibu-ibu disini sudah harus bisa buat produk, biar bisa dijual dipasaran, itu juga bisa menambah penghasilan rumah tangga, nanti biar diajarain apa yang pas buat dikembangkan ibu-ibu disini,” tambah Dian kembali.

Usai tukar pikiran, dipimpin Mang Yus selaku Ketua Kelompok Tani Cacing Sutra Tangerang, mereka mendeklarasikan diri untuk berdikari dan setia bersama Presiden Jokowi.

“Kami Rakyat Bertani Cacing Sutra Tangerang siap berdikari bersama Pak Jokowi” diucapkan dengan lantang

Dari hasil kesepakatan Rakyat Bertani, bulan Januari 2023 Kampung Cacing Tangerang akan dibuka sebagai wilayah wisata berkarakter budaya dengan berbagai keunikannya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here