HUT ke-20 Kota Cilegon Bakal Gelar Ethnic Carnaval

0
117

BANTENKINI.COM, CILEGON – Perhelatan kesenian dan budaya Cilegon Ethnic Carnaval (CEC) Tahun 2019 kembali digelar pada 24 Agustus mendatang di Kota Cilegon.

CEC merupakan rangkaian dari HUT ke-20 Kota Cilegon.

Cilegon Ethnic Carnaval 2019 akan menampilkan berbagai macam kebudayaan dan etnik yang berkembang di Kota Cilegon tanpa menghilangkan budaya asli kota ini.

Keragaman adat budaya warga yang tinggal di Cilegon memang menjadi daya tarik tersendiri.

Sebagai leading sektor kepariwisataan di Banten, Dinas Pariwisata Banten akan mendukung kegiatan atraksi budaya ini.

Kadispar Provinsi Banten Eneng Nurcahyati meyakini Cilegon Ethnic Carnaval mampu menghadirkan turis domestik maupun mancanegara.

Sehingga menurutnya pendapatan sektor wisata akan bertambah seperti pendapatan dari hotel dan restoran.

Eneng yakin, CEC akan memberikan multiplier effect sektor pariwisata di daerah, diantaranya menghidupkan industri-industri kreatif dan meningkatkan hunian hotel di Kota Cilegon.

“Melalui CEC ini, kita bisa mempromosikan potensi wisata di Kota Cilegon dan potensi Banten secara umum,” Eneng menjelaskan.

Ia berharap, adanya even tersebut dapat memikat turis domestik dan asing untuk datang ke Banten melalui paket wisata. Hal ini mengingat ada banyak potensi  di Banten yang belum sepenuhnya dikenal wisatawan.

Dengan demikian, secara tidak langsung pendapatan sektor wisata akan bertambah seperti pendapatan dari hotel dan restoran.

“Kesempatan ini juga harus digunakan untuk mempromosikan potensi wisata di Kota Cilegon,” katanya.

Jadi kata Eneng, dampaknya juga akan berpengaruh kepada PAD. Apalagi, banyak destinasi menarik di Kota Cilegon yang bagus buat dikunjungi.

“Kesempatan ini juga harus digunakan untuk mempromosikan potensi wisata di Kota Cilegon,” katanya.

Jadi kata Eneng berharap, dampaknya juga akan berpengaruh kepada PAD. Apalagi, banyak destinasi menarik di Kota Cilegon yang bagus buat dikunjungi.

Dalam gelaran CEC tahun ini, juga akan menampilkan berbagai multi etnis yang ada di Kota Cilegon seperti  Paguyuban Padang, Tapanuli, Bali, Malang, Manado, Makassar, Dayakan, Sunda, Palembang, Papua, dan Tionghoa.

Eneng menjelaskan, ada banyak destinasi menarik di Kota Cilegon yang bisa mengundang wisatawan.

Apalagi, topografi wilayah Cilegon yang berupa hamparan pegunungan menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Dari sini pula, pengujung akan melihat hamparan pesisir barat Kota Cilegon dari Gunung Batu Lawang dan Gunung Batur yang merupakan salah satu tujuan wisata argo.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here