HUT ke 193 Lebak, Disbupar Usung Tema Akhiri Pandemi Bersama Kita Bangkit

0
54 views

BantenKini.com Lebak – Dinas Budaya dan Parawisata (Disbudpar) bersama Komunitas Pelaku Pariwisata dan UMKM kerja bareng dalam mengisi rangkaian acara peringatan Hari Ulang Tahun HUT ke 193 Kabupaten Lebak. Mereka menggunakan tema “Akhiri Pandemi, Bersama Kita Bangkit”.

“Rangkaian kegiatan dilaksanakan secara hybrid (daring dan luring), sementara untuk daring bisa disaksikan di canal youtube lebakunique official. Sedangkan untuk luring di focuskan di Plaza Lebak Mandala.”ucap Kepala Dinas Budaya dan Parawisata Kabupaten Lebak, Imam Rismayadin, Senin (6/12) di Rangkasbitung.

Dijelaskan Imam, rangkaian acaranya tersebut digelar mulai tanggal dari tanggal 1 sampai dengan 11 Desember 2021. Sementara untuk perlombaan yaitu lomba cipta menu kuliner yang digagas oleh PHRI dan APJI Lebak.

Selain itu, kata Imam, diselenggarakan juga lomba tari, lomba jingle Museum Multatuli, lomba video ekraf dari Komunitas Leekraf Lebak. Selanjutnya juga digelar penampilan sub sektor musik KPJ, Solo Biola Dede Fatality.

Saresehan Lebak Ekonomi Kreatif, pagelaran produk UMKM oleh Dinkop dan UMKM/IKM Lebak, coaching kriya baduy, Launcing Logo Geopark Bayah Dome, Aplikasi Kula Baduy dan Buku Kasepuhan Cibadak Cibeber serta Kasepuhan Karang Muncang, coaching foto produk, solo drumer Zikri Zinda, Penampilan teater Guriang.

Lebak Fashion Week bersama Komunitas Kriya batik dan para desainer yang digagas oleh Dekranasda Lebak, pengajian dan santunan yatim KPJ Rangkasbitung, MMBK bintang tamu SAHITYA BAND, Solo Gitar ARDIAN TECH, SANDA Talk Show, Ciujung Ciberang Fest yang di pusatkan di GSL (Galeri Sentral Lebak), Lemeng Fest di Malingping oleh anak milenial malingping dan juga ada Performance FMDL yaitu komunitas musisi dangdut Lebak.

“Banyak lagi rangkaian kegiatan yang dilaksanakan di beberapa tempat dan beberapa titik di Kecamatan baik itu perlombaan olahraga serta pagelaran seni budaya.”tutur Imam.

Seluruh acara tersebut merupakan kegiatan pendukung dari kegiatan inti yaitu tanggal 2 Desember 2021 yang merupakan tanggal HUT ke 193 Kabupaten Leba. Kata Imam kegiatan yang dilaksanakan secara sederhana ini tapi penuh khidmat secara hybrid juga upacara sekaligus pemberian penghargaan bagi insan pejuang pahlawan kesehatan dalam penanganan Covid 19.

“Ada pemberian kendaraan roda empat untuk Desa serta pelaksanaan Paripurna DPRD Kabupaten Lebak.”jelas Imam.

Imam menjelaskan, selain ungkapan rasa syukur kepada tuhan yang maha esa dalam menjaga Kabupaten Lebak Tercinta dari pandemi covid 19. Kata Imam kita mampu melawan dengan tetap menjaga prokes serta terus melaksanakan vaksinasi agar semua kembali dapat menjalankan aktivitas secara normal.

‘Kita harus dapat berdampingan dengan virus tak lagi menjadi momok yang menakutkan. Sehingga batasan-batasan aktivitas tidak lagi terjadi dan kita semua dapat melakukan recovery terutama dibidang ekonomi salah satunya dengan pembukaan kembali aktivitas sektor pariwisata.”beber Imam.

Dikatakan Imam, dua tahun terakhir sektor pariwisata merupakan yang terdampak paling parah akibat pandemi covid 19. Kata Imam, mengapa demikian, karena kita tahu bahwa pariwisata adalah pergerakan orang/wisatawan. Sementara dimasa pandemi hal ini dibatasi bahkan di lock down.

“Sektor pariwisata dimasa pandemi ini kondisinya terpapar paling awal dan pulih paling akhir, namun demikian kami tetap optimis dan ambil sisi positif serta hikmah dari semua ini, momentum situasi sulit sekarang ini sektor pariwisata justru lebih solid terutama para stake holder penggiat pariwisata yaitu dengan munculnya kembali persaudaraan yang erat, jiwa korsa yang kuat dengan membentuk komunitas -komunitas penggiat.

“Kita saling membantu satu sama lainnya serta ikut juga membantu para pengelola dan pokdarwis dalam menyiapkan serta penataan destinasi wisata, begitu juga dengan kami Pemda Lebak khususnya Disbudpar momen 2 tahun kebelakang dan kedepan juga kita akan terus menjalin kolaborasi dgn berbagai sektor serta mempersiapkan penataan destinasi wisata Lebak.”ujar Imam.

Lanjut Imam, strategi Pariwisata dalam menyongsong pulihnya dari pandemi selain penataan kawasan destinasi juga terus berupaya meningkatkan hospitality mindset serta melaksanakan promosi melalui kegiatan-kegiatan event bersama komunitas. Walaupun kita laksanakan secara virtual melalui canal youtube, diharapkan para wisatawan di luar sana tidak lupa akan destinasi lebak yang mempesona bagi yang belum tau dan me refresh kembali para promotor.

“Kita yaitu para wisatawan yang pernah datang dan memiliki kenangan yang terindah di Lebak bisa kembali ke Bumi Mulatatuli Kabupaten Lebak tercinta untuk merasakan, menikmati dan sekaligus terlibat dalam berbagai aktivitas Unique di destinasi wisata lebak karna lebak memang Unique.”tutur Imam.

Dikatakan Imam, tahun depan pihaknya meyakini aktivitas semua dapat berjalan kembali dan ekonomi akan pulih secara bertahap. Tentunya sektor pariwisata akan menjadi pemantik pertumbuhan wilayah disekitar destinasi wisata. Sehingga terbentuk kawasan-kawasan pariwisata yang mendorong tumbuhnya industri pariwisata karna multiplayer efek dari pariwisata akan mendorong semua sektor terutama sektor UMKM apalagi konektivitas dan aksesibilitas sudah mulai bersinergi.

“Baru kemarin diresmikan yaitu ruas jalan tol sesi pertama rangkasbitung  sudah dapat di akses, dobel track Commuter line KAI belum lagi pertambahan sdm penduduk kota baru maja yang tentunya ini semua potensi yang harus kita manfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan masyarakat kabupaten lebak, mari kita jadi pelaku di rumah sendiri dan bukan jadi penonton di rumah sendiri.”beber Imam.

Imam mengajak kepada semua pihak agar selalu optimis dan terus bergerak. Kata Imam mulailah lakukan dari sekitar kita dari hal-hal kecil yang nantinya akan menjadi perubahan yang besar.

“Di era teknologi dan globalisasi kita tidak perlu takut apalagi minder karna bukan lagi si kaya dan si miskin, si kecil dan si besar tapi siapa yang cepat beradaptasi dengan perubahan itulah yang akan bertahan dan jadi pemenang, selamat menikmati dan menonton rangkaian kegiatan HUT Lebak yang ke 193 Tahun, semoga lebak semakin sukses, maju, sejahtera dan iman aman uman amin, #lebakunique #bekerjadenganhati.”terang Imam.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here