Hektaran Lahan Tidur di Kecamatan Pinang Digarap Warga untuk Berkebun Timun Suri

0
67 views

TangerangSatu.co.id, KOTA TANGERANG – Hamparan lahan tidur milik perusahaan swasta yang semula hanya ditumbuhi rerumputan, kini berubah menjadi kebun timun suri.

Warga RW 02 Kelurahan Kunciran Jaya Kecamatan Pinang Kota Tangerang, jelang bulan Ramadhan memanfaatkan hektaran lahan kosong di sekitar lingkungannya untuk bertani.

“Lahan milik pengembang ini sementara digunakan warga untuk bertani, berkebun timun suri,” jelas Camat Pinang Kaonang saat meninjau lahan tersebut, Senin sore 22 Maret 2021.

Dijelaskan Kaonang, aktivitas positif warga RW 02 Kunciran Jaya ini merupakan langkah nyata memperkokoh ketahanan pangan.

“Nanti manakala sudah dipanen, hasilnya bisa dijual sehingga sangat mendongkrak perekonomian warga,” beber Camat Pinang Kaonang.

Diungkapkannya lebih lanjut, di bulan Ramadhan timun suri menjadi buah yang banyak dikonsumi masyarakat.

Maka, kata Kaonang, hasil dari kebun di RW RW 02 Kunciran Jaya ini bisa memenuhi kebutuhan timun suri bagi masyarakat Kecamatan Pinang.

“Kita bisa memasok timun suri untuk kebutuhan masyarakat pinang. Bila hasilnya bagus, satu petak bisa menghasilkan Rp10 juta,” terang Kaonang.

Di sini, tambah Camat Pinang, warga yang menggarap lahan tidur ditanami timun suri rata-rata lebih dari satu petak.

“Ketahanan pangan di wilayah Kecamatan Pinang bukan cuma slogan, sesungguhnya masyarakat memperkokoh ketahanan pangan dan mereka menikmati hasilnya,” tutur Kaonang.***

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here