Guru Pesantren Al-Bayan Banten Tepis Enzo Zenz Allie Terpapar Radikalisme

0
8 views

BANTENKINI.COM, SERANG – Kepala Sekolah SMA Pesantren Unggul Al Bayan, Anyer, Kabupaten Serang, Banten, Deden Ramdani menjamin Enzo Zenz Allie, remaja keturunan Perancis yang lolos jadi calon Taruna Akmil TNI, tidak terpapar radikalisme seperti isu yang beredar.

“Enzo tidak lah, bersih. Sudah jelas masuk Akmil saja lolos tes ideologinya. Enzo Pancasilais dan cinta NKRI,” kata Deden saat ditemui di SMA Al Bayan, Rabu (7/8/2019).

Deden juga yakin Enzo cinta NKRI 100 persen.

Deden mengatakan, salah satu pertimbangan Enzo untuk menjadi WNI adalah karena ingin menjadi prajurit TNI.

“Enzo pernah menyampaikan ke saya kalau dia ingin menjadi prajurit TNI soleh. Itu saya merinding dengernya,” kata Kepala SMA Pesantren Unggul Al Bayan, Anyer, Serang, Banten, Deden Ramdani

Keinginan anak pasangan dari Almarhum Jean Paul Francois Allie, warga negara Prancis dan Siti Hadiati Nahriah (Jakarta) diutarakan kepada Deden saat Enzo masih duduk di kelas XI.

“Waktu itu dia mengutarakan cita-citanya ingin menjadi prajurit (TNI) soleh di masjid Nurul Mahmudah seusai solat Ashar,” kata Deden yang juga guru kimia.

Guna mengejar cita-citanya, pihak sekolah mendukung dengan mengizinkan Enzo latihan fisik di pinggir pantai Anyer didampingi guru olahraganya. Bahkan, Enzo sudah berlatih sejak kelas X dengan berlari di area pesantren, push up, adu panco dengan kawannya, bahkan jago memanah.

“Keseharian Enzo selama di pesantren memang lebih tekun, lebih giat, lebih rajin dari siswa pada umumnya guna mengejar cita-citanya yang ingin menjadi militer,” ujarnya.

Tak hanya duniawi, Enzo sejak mengenyam pendidikan selama tiga tahun di Pesantren tidak ketinggalan salat berjamaah di masjid. “Jadi dia itu pernah rela tidak dapat sertifikat demi bisa solat berjamaah di masjid. Enzo orangnya rajin beribadah,” ujarnya

Saat bersekolah di SMA Al Bayan, Enzo mendapat banyak pemahaman mengenai nilai-nilai NKRI seperti upacara bendera setiap hari Senin.

Enzo juga mendapat pendidikan lewat pelajaran PPKN dan bahasa Indonesia tambahan.

Sebelumnya, nama Enzo Zenz Allie ramai diperbincangkan setelah video seleksi akademi militer viral di media sosial.

Dalam potongan video tersebut, Enzo sempat ditanya oleh Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto menggunakan Bahasa Perancis.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here