Gandeng Indika Foundation, Pemuda Pancasila Kota Serang Bagikan 1.000 Paket Sembako dan Ratusan APD

0
28 views

Bantenkini.com, Serang, – Untuk meringankan beban masyarakat di tengah pandemi Corona Virus Disease (Covid-19) Ormas Pemuda Pancasila Kota Serang bekerjasama dengan Indika Foundation membagikan 1.000 paket sembako kepada warga terdampak Covid-19 di beberapa wilayah Kota Serang. Pembagian paket sembako itu dilakukan secara bertahap sejak sekitar dua Minggu lalu.

Selain membagikan 1.000 paket sembako secara door to door, Pemuda Pancasila juga mendonasikan ratusan Alat Pelindung Diri (APD) untuk para tenaga medis di beberapa Puskesmas di Kota Serang, berupa baju hazmat, sarung tangan dan kacamata pelindung.

Ketua Majelis Pimpinan Cabang Pemuda Pancasila (MPC PP) Kota Serang, Pujiyanto mengungkapkan bahwa pembagian paket sembako dan donasi APD ini merupakan bentuk kontribusi sekaligus bukti kehadiran Pemuda Pancasila di tengah masyarakat yang tengah mengalami kesulitan akibat merebaknya wabah Virus Covid-19.

“Ini sebagai bukti kerja nyata Pemuda Pancasila, kami ingin turut serta hadir. Mudah-mudahan dengan kehadiran Pemuda Pancasila ini akan bisa mengurangi beban masyarakat yang terkena dampak Covid-19, juga bisa membantu tim medis untuk dapat terlindungi dari virus Covid-19,” kata Pujiyanto ditemui usai menyalurkan donasi APD di Puskesmas Banten Girang, di jalan raya Pandeglang Km 4 Tembong, Kecamatan Cipocokjaya Kota Serang, Jumat 19/6/2020.

Mengingat wabah virus Covid-19 masih merebak, ia mengimbau kepada masyarakat Kota Serang agar tetap mentaati protokol kesehatan yang dianjurkan oleh pemerintah, seperti memakai masker saat keluar rumah, menerapkan social distancing atau jaga jarak serta sering cuci tangan memakai sabun di air mengalir.

“Kesadaran kita bersama dalam menerapkan protokol kesehatan adalah kunci utama untuk dapat memutus penyebaran Virus Covid-19,” imbuh ketua Komisi II DPRD Kota Serang itu.

Di tempat yang sama, Ketua Gugus Tugas Cabang Kota Serang Fakhrurozi mengatakan bahwa pembagian paket sembako dan APD bagi para tenaga medis ini dilakukan secara bertahap sejak tanggal 9 Juni 2020 lalu. Hingga hari ini menurutnya, pembagian paket sembako sudah merata di enam Kecamatan di Kota Serang.

“Karena kuotanya juga terbatas, maka yang kita prioritaskan adalah warga yang benar-benar membutuhkan. Bantuan paket sembako ini menyasar warga kurang mampu dan warga yang ekonomiinya benar-benar terdampak wabah Covid-19,” ujarnya.

Sementara untuk donasi APD, lanjut Fakhrurozi, pihaknya sudah menyalurkannya ke beberapa Puskesmas, diantaranya Puskesmas Curug, Puskesmas Serang dan Puskesmas Banten Girang. “Ini adalah Puskesmas-puskesmas yang selalu ramai didatangi pengunjung, sehingga para tenaga medisnya harus benar-benar dapat terlindungi,” katanya.

Sementara itu, pengelola program penyakit tidak menular (PTM) Puskesmas Banten Girang, Yusanti yang mewakili Kepala Puskesmas dalam penerimaan donasi APD dari Pemuda Pancasila itu, menyampaikan terima kasih dan mengaku bersyukur atas adanya bantuan tersebut.

Ia mengatakan bahwa bantuan APD ini akan sangat bermanfaat bagi para tenaga medis Puskesmas Banten Girang yang terus berupaya memberikan pelayanan maksimal kepada masyarakat meski di tengah pandemi Covid-19.

“Saya mewakili Kepala Puskesmas beserta jajaran mengucapkan terima kasih banyak atas donasi yang kami terima ini, karena memang pada saat situasi seperti ini kami sangat membutuhkan dalam rangka untuk saling melindungi, karena tenaga medis pun butuh sehat, untuk bisa tetap bekerja dan mengabdikan diri kepada masyarakat,” paparnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here