FSPP Pandeglang dan PT. Mayora Salurkan Bantuan Banjir Kepada 22 Pondok Pesantren di Pandeglang

0
100 views

BANTENKINI.COM, PANDEGLANG – FSPP (Forum Silaturahim Pondok Pesantren) Kabupaten Pandeglang salurkan Bantuan kepada 22 Pondok Pesantren yang kena dampak Korban Banjir sejak 2 (dua) pekan lalu yang melanda Selatan Pandeglang hampir 7 Kecamatan terdapat efek Banjir besar yang saat pertama kejadian di Ponpes Al-Mukmin Leuwimuja Kecamatan Cikeusik.

Selasa, 15 des 2020, FSPP PANDEGLANG bekerja sama dengan salah satu mitra di Pandeglang, yaitu PT. MAYORA menyalurkan bantuan ke sejumlah wilayah yang terkena dampak banjir di Kecamatan Sukaresmi dan sekitarnya dengan jumlah bantuan _Dana Tunai dan Logistik_ yang telah dihimpun oleh Tim Gerakan Amal Umat FSPP PANDEGLANG sejak dua pekan yang lalu.

Kegiatan baksos peduli bencana banjir ini bertujuan untuk memberikan motivasi pada masyarakat atas musibah bencana alam ini, karena hakikatnya semua yang terjadi karena kehendak Allah SWT. Tinggal kita bagaimana menyikapinya dengan sabar, tabah serta berintrospeksi diri atas apa yg selama ini kita lakukan.

Kegiatan baksos FSPP PANDEGLANG peduli bencana ini tidak hanya sekedar memberikan bantuan berupa makanan ringan dari para donatur, melainkan juga diisi dengan training singkat _Traumatic Healing_ kepada anak-anak santri dan warga kampung sekitarnya yang selama ini tentu mereka sedikit trauma atas bencana banjir yg melanda di kampungnya tersebut.

Dengan diberikan motivasi semangat dan hiburan membuat anak-anak yang kami kunjungi merasa lega, senang dan tertawa lepas bersama tanpa ada beban dalam jiwanya.

” Itulah hikmah jika kita memberikan Ilmu kepada anak-anak”, sahut Ustadz Didi Rosyadi yang juga selain seorang Dosen di STIA Pandeglang adalah salah satu Pengurus Aktif di FSPP Pandeglang.

Ketua Presidium ke-4 _Kyai Asep Abdullah Mutho,_ pun turut hadir dalam memberikan bantuan tersebut dan beliau berpesan pada masyarakat agar senantiasa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Allah SWT serta dapat bersabar dan tabah ketika ditimpa musibah bencana. Pungkasnya.

Alhamdulillah hasil Tim penghimpunan Gerakan Amal Ummat (GAMAT) FSPP PANDEGLANG betul-betul bisa memberikan manfaat bagi para pesantren yang terkena dampak air bah banjir di beberapa kecamatan.

Dorongan dan seruan ini menjadi motivasi buat para donatur untuk memberikan dukungan kepada pihak FSPP Kabupaten Pandeglang melalui orang terdekatnya PT. MAYORA, yaitu _Bunda Nurjanah_ yang saat itu langsung menerima bantuan tersebut dari Manajemen PT. MAYORA diberikan oleh _Ibu Intan Rionita Latief,_ selaku Kepala Departemen Humas Mayora Group.

_Aby Yai Mutho,_ panggilan akrabnya sebagai Dewan Pengarah _Gerakan Amal Ummat FSPP PANDEGLANG_ begitu semangatnya untuk menyampaikan amanat kepada para Korban Kebanjiran di Pandeglang, khususnya Pondok-pondok Pesantren.

Data otentik dan valid, alhamdulillah FSPP PANDEGLANG telah menyalurkan bantuan Dana Tunai dari para Donatur dan Logistik dari PT. MAYORA pada hari Selasa ke sejumlah 12 Pondok Pesantren di Kecamatan Sukaresmi diantaranya yg terkena Banjir di Desa Cikuya 4 Ponpes, Desa Weru 1 Ponpes, Desa Cibungur 2 Ponpes, Desa Perdana 2 Ponpes, Desa Karyasari 4 Ponpes.

Pada hari Rabunya kembali memberikan bantuan ke sejumlah 11 Pondok Pesantren Kecamatan Patia dan sekitarnya.

Disampaikan oleh Bunda Nurjannah secara terpisah bahwa “support logistik yang diberikan oleh PT. Mayora Pandeglang, alhamdulillah selalu hadir untuk Pondok Pesantren,” sahutnya, sambil nampak semangat dari raut Bunda Nurjannah salah satu tokoh Srikandi Pandeglang ini di armada yang dikawal Pipih suaminya.

Manajemen PT. Mayora merasa juga ingin membantu rekan-rekan pesantren di lapangan mudah-mudahan apa yang diberikan oleh mereka bermanfaat bagi para santri, para guru, juga kepada masyarakat sekitar lingkungan Pondok Pesantren.

Menurut Ustadz Disi Rosyadi yang menjadi Korlap saat itu wakil dari FSPP Pandeglang, bahwa bantuan ini menurutnya tentu bagian dari hal yang paling menarik adalah memberikan rasa kayakinan kepada para santri bahwa masih banyak masyarakat dan atau komponen-komponen lain yang peduli terhadap Pondok Pesantren.

Data yang paling mudah kita akses dalam memberikan informasi banjir di Pandeglang ini, tentu dari hampir 6 Kecamatan sejak kejadian hari pertama di _Kecamatan Cikeusik, Sukaresmi, Sindangresmi, Panimbang, Sobang, Patia dan sebagian Munjul_ tentu data ini selalu valid dan autentik untuk menjadi perhatian bagi siapapun agar tetap waspada dan tetap siap siaga khususnya terhadap Pondok Pesantren agar bisa selamat dari musibah banjir itu sendiri.

Awak PANTES Media bersama para Relawan Kemanusiaan menyampaikan ini sekaligus juga menginformasikan bahwa di Pandeglang harus tetap siaga sampai awal bulan Maret 2021 dikhawatirkan curah hujan masih tinggi.

Komponen-komponen yang peduli terhadap kejadian seperti ini akan kita himpunan perlahan dan akan kita bicarakan terutama di FSPP PANDEGLANG yang akan kerjasama dengan beberapa lembaga kemanusiaan di Pandeglang khususnya, sehingga dalam mengantisipasi kegiatan di lapangan perlu sigap, efisiensi dan bisa menjamin keselamatan semua pihak.

Bahwa para relawan dan para simpatisan yang ingin turut turun ke lapangan harus memiliki Pengetahuan Dasar Kebencanaan agar ada bekal ilmu kesigapan dalam aksi kemanusiaan.

Terkait dengan pembekalan persiapan tanggap bencana, disampaikan oleh _Uung Al-Muhiebby_ selaku Presiden KORELASI _(Korps Relawan Peduli Kemanusiaan Dunia)_ bersama MAHEER-Pusat Kemanusiaan Madeenah Indonesia, pasti akan kerja sama dengan semua pihak untuk mengadakan Training for Disaster Management _(Rescue and Recovery Program)_ dan tentunya para Kader Pesantren harus turut terlibat, karena kejadian seperti ini sering terjadi.

“Kami akan mencoba kembali menggagas pelatihan manajemen disaster bekerja sama dengan BPBD Pandeglang dan lembaga-lembaga kemanusiaan lainnya yang sudah tergolong ahli dan teruji”, sahut Uung.

Tentunya, atas nama FSPP Pandeglang juga mengapresiasi kepada Pemda Pandeglang yang dalam hal ini juga hadir delegasi BPBD, PMI, PRAMUKA, ORMAS ISLAM dan unsur-unsur lainnya telah memberikan perhatian dan bantuannya kepada masyarakat luas yang kena dampak banjir saat ini.

Mewakili Pengurus inti FSPP Pandeglang, tentu mengucapkan banyak terima kasih kepada semua Donatur yang sudah memberikan bantuan melalui FSPP Pandeglang.

Atas nama Ketua Presidium V FSPP Pandeglang, _Bapak Kyai Arsyad Saiman_ dan Sekretaris Umumnya _Buya Irfan_ menyampaikan kepada awak media rasanya ini adalah bukti jika segala sesuatu itu dilakukan dengan gotong royong dan bahu membahu untuk saling berbagi, maka tiada lain Rahmat Allah SWT yang kita dapatkan dalam segala tindak tanduk gerakan amal ummat ini Insya Allah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here