Dua Hari Tak Makan, Kodim 0603 Lebak Turun Tangan

0
60 views

Bantenkini.com Lebak – Kondisi kehidupan Asnawi (70) tahun, warga Kampung Bojongleles, Desa Bojongleles, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten yang sempat viral di media sosial beberapa hari ini. Mengundang simpati berbagai pihak. Termasuk Kodim 0603 Lebak Letkol Kavareli Yudha Setiawan.

Seperti diketahui, beberapa hari terakhir ini, Asnawi (Kakek) sempat ramai diberitakan oleh media online termasuk salah satunya dari tagar.id yang menulis Kisah Warga Lebak Tak Makan Dua Hari Karena Covid-19.

Mendengar kabar tersebut, Dandim 0603 Lebak Letkol Kavareli Yudha Setiawan melalui Komandan Sub Unit Intel Pelda Supriyatna langsung bergerak menyempatkan diri untuk menyambangi Asnawi di kediamanya Kampung Bojongleles, Desa Bojongleles, Sabtu 11 Juni 2020 sekira pukul 09.30 WIB.

“Kita dapat laporan dari rekan-rekan media, ada warga yang terlewatkan dalam menerima bantuan dampak Covid-19. Memang kondisi Pak Asnawi cukup memprihatinkan, sehingga kami dari Kodim 0603 Lebak menyempatkan diri untuk bersilaturahmi dengan Pak Asnawi. Ini perintah langsung dari Pak Dandim agar jangan sampai ada warga yang tidak makan, selama kita bisa bantu, pasti kita usahakan bantu.”ucap Pelda Supriyatna.

Sebelumnya kata, Supriyatna pemberian paket sembako ke masyarakat terdampak corona atau Covid-19 dilakukan oleh Kodim 0603 Lebak sudah yang ketiga kali. Menurut Supriatna, ini rangkayan baksos dari Kodim Lebak yang dikalukan sebelum bulan Ramadhan.

“Jadi yang pertama sebelum Ramadhan, kedua saat Ramadhan dan yang ketiga waktu minggu kemarin ada 300 paket sembako dibagikan bersama rekan-rekan media. Nah ini yang terlewatkan ada sekitar puluhan untuk Pak Asnawi dan tukang becak.”tutur Supriyatna.

Kata Supriyatna, selain memberikan paket sembako, Kodim 0603 Lebak juga membagikan masker untuk mengingatkan warga agar tetap menjaga kesehatan dan mengikuti semua anjuran pemerintah terkait tata cara pencegahan penyebaran Covid-19.

“Semoga bantuan ini, bisa bermanfaat dan meringankan beban Pak Asnawi. Kita bersama-sama dengan pemerintah memastikan agar warga di Lebak tidak ada yang kelaparan.”terang Supriyatna.

Sementara itu, Asnawi (70) tahun Warga yang bermukim di belakang Perumahan Ranau, Kampung Bojongleles, Desa Bojongleles, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak, Banten. Terharu dan berterimakasih ketika menerima bantuan paket sembako dari Kodim 0603 Lebak. Menurut Asnawi bantuan yang diterimanya sangat bermanfaat untuk bertahan hidup ke depan.

“Senang bercampur lega karena telah banyak yang membantu, tentu bantuan ini sangat bermanfaat untuk saya selama satu bulan ke depan.’’ujar Asnawi di kediamannya.

Asnawi yang sempat mengalami kelaparan dan viral di media sosial karena dua hari tidak makan lantaran kesulitan untuk membeli kebutuhan pokok sehari-hari seperti beras. Dia tidak menyangka di tengah kondisi ekonomi serba morat-marit masih ada yang memikirkan nasibnya. Kata Asnawi saat ini, ia tinggal seorang diri karena istrinya sudah lama meninggal.

“Kadang dapat bantuan dari tetangga, kemarin dapat bantuan dari Kejaksaan Negeri Lebak. Sebelum muncul berita di media, belum pernah apat bantuan dari Pemerintah, kalau didata mah sering.’’ucap Asnawi.

“Samsiah (48) tahun, salah satu tetangga Asnawi membenarkan kondisi tetangganya tersebut yang hanya mengandalkan uluran tangan dari tetangga dan darmawan. Kata Samsiah, selama menetap di Bojongleles, Asnawi belum pernah mendapatkan bantuan dari Pemerintah Kabupaten Lebak.

“Kasian, kondisinya memang benar dia kerap pesakitan mungkin karena sudah memasuki usia senja dan kondisinya tidak bekerja. Alhamdulilah sudah banyak yang banyak membantu karena sempat viral di media sosial. Bantuan yang diberikan tentu sangat bermanfaat bagi Pak Asnawi.’’terang Samsiah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here