DPRD Pandeglang Apresiasi Penyaluran Beras CPP Tepat Sasaran

0
18 views

Bantenkini.com Jakarta – Ketua Fraksi Partai Gerindra DPRD Pandeglang Erin Fabian mendukung langkah Badan Pangan Nasional (Bapanas) melalui Bulog yang memberikan bantuan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP) tersebut kepada masyarakat. Menurut Erin, pihaknya sebagai anggota legidlator juga turut mengawasi program tersebut agar tepat sasaran.

“Penyaluran bantuan memang sudah dimulai bagi warga yang berhak menerima bantuan dan kami yakin pendataan sudah dilakukan secara maksimal. Kita juga dari DPRD ikut memantau dan mengawasi program tersebut agar tepat sasaran,” kata Ketua Fraksi dari Partai Gerindra, Erin Fabian, Rabu (28/6/2023).

Legidlator dari Partai Gerindra tersebut sekaligus dalam posisi sebagai pimpinan fraksi, Erin mengatakan, mengapresiasi langkah pemerintah memberikan bantuan tersebut kepada masyarakat. Sebab menurut Erin, kondisi ekonomi masyarakat saat ini masih belum pulih benar dan mereka membutuhkan pertolongan dari tangan pemerintah.

“Sekali lagi, saya tegaskan untuk memastikan penyaluran bantuan itu terlaksana dengan baik dan sampai kepada yang berhak menerimanya sebagai anggota DPRD akan mengawasi dengan ketat hal tersebut,” jelas Erin.

Dikatakan Erin, Apalagi sekarang katanya banyak keluhan dari masyarakat mengenai pendataan yang dianggap tak sesuai serta terkesan pilih kasih dan hal itu katanya telah menimbulkan keresahan di masyarakat. Hal tersebut kata Erin, bisa saja dilakukan oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang hendak cari untung di saat-saat keadaan mendesak dengan memanfaatkan bantuan yang akan disalurkan pada masyarakat.

“Karena itu, menjadi tanggung jawab saya sebagai wakil rakyat untuk mengawasi dan memastikan bantuan itu sampai kepada yang berhak,” tegas Erin.

Dia pun menegaskan tidak akan segan-segan bertindak tegas terhadap oknum oknum tidak bertanggungjawab yang sengaja menyelewengkan bantuan pemerintah. Ataupun kata Erin, saat pendataan dan akan melaporkan kepada atasannya agar mereka diberikan sanksi.

“Yang pasti Kami yakin bantuan yang akan di salurkan itu kan sampai kepada yang memerlukan dan yang berhak,” ucap Erin.

Sebelumnya, Perum BULOG Kantor Cabang Lebak dan Pandeglang telah menyelesaikan penugasan dari Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional (Bapanas) untuk menyalurkan beras Cadangan Pangan Pemerintah (CPP). Itu diperuntukan untuk program Bantuan Pangan kepada Masyarakat sesuai Surat Badan Pangan Nasional No 63/TS.03.03/K/3/2023 tanggal 10 Maret 2023.

“Total pagu Beras Bantuan Pangan untuk wilayah Kabupaten Pandeglang sebanyak 109.436 Penerima Bantuan Pangan (PBP) dan Kabupaten Lebak sebanyak 156.112 PBP dengan Masing2 PBP akan mendapatkan beras sebanyak 10 kg selama 3 alokasi, sehingga total beras yang telah berhasil disalurkan sebanyak 7.966.440 kilogram,” kata Kepala Cabang Perum Bulog Lebak – Pandeglang, Umar Said, Selasa (27/6/2023)

Dikatakan Umar, saat ini kami telah menerima laporan dari PT Pos Indonesia selaku yang bertugas. Kata Umar, mereka bertanggungjawab penuh untuk menyalurkan dari gudang layanan BULOG sampai ke Dropping Point (titik penyerahan) bahwa seluruh bantuan beras telah diserahkan ke PBP.

“Saat ini Perum BULOG Kantor Cabang Lebak dan Pandeglang sedang melakukan proses pengumpulan dokumen dari PT Pos Indonesia untuk dilakukan verifikasi dan validasi dokumen administrasi penyerahan Beras Bantuan Pangan,” jelas Umar.

Ditambahkan Umar, Dalam proses pelaksanaan penyalurannya, Perum BULOG dan PT Pos Indonesia juga turut bekerjasama melibatkan seluruh stakeholder. Kata Umar, baik dari pemerintah daerah, Dinas Sosial, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Pemberdayaan Masyarakat & Desa, aparat desa/kecamatan serta pendampingan dari aparat penegak hukum meliputi Kejaksaan, Kepolisian dan Kodim.

“Rapat evaluasi dan persiapan penyaluran telah bersama-sama secara rutin dilakukan agar kendala atau potensi masalah yang muncul dapat diperbaiki serta untuk memperkuat komunikasi dan sosialisasi terkait program ini sampai ke masyarakat. Termasuk juga pelaksanaan monitoring bersama yang telah dilaksanakan di beberapa desa/kelurahan yang menjadi dropping point,” tutur Umar.

Dikatakan Umar, dalam pelaksanaan pendistribusian Beras Bantuan Pangan ini, kata Umar, Perum BULOG Kantor Cabang Lebak Pandeglang mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan dari semua elemen stakeholder baik dari pemerintah daerah, aparat penegak hukum, maupun masyarakat.

“Sehingga program ini dapat terlaksana dengan lancar dan tujuan untuk membantu masyarakat serta mengantisipasi kekurangan pangan dan gejolak harga pangan dapat terwujud,” tutup Umar.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here