Dinas Perhubungan Kota Tangerang Lakukan Tes Kelayakan Bus

0
32 views
BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Tangerang melakukan Ramp Chek atau uji kelaikan bus angkutan lebaran 2023, di Terminal Poris Plawad, Kota Tangerang, Selasa (4/4/2023).
 Kepala Dinas Perhubungan Kota Tangerang, Achmad Suhaely langsung memimpin kegiatan Ramp Chek tersebut
“Pelaksanaan ramp check ini merupakan pemeriksaan standar yang menunjukan suatu kendaraan itu layak fungsi dengan baik atau semua fungsi pada kendaraan berfungsi secara normal, mulai dari rem, lampu-lampu, dan sebagainya,” tutur Achmad Suhaely kepada awak media.
Kemudian Suhaely menerangkan, pemeriksaan uji kelayakan kendaraan tersebut telah dilaksanakan sejak Selasa (28/3/2023) pekan lalu.Hingga sepekan berlangsung, total kendaraan yang telah dilakukan pemeriksaan uji kelayakan ialah sejumlah 109 bus.
“Selama satu pekan ini, rata-rata jumlah bus yang dilakukan pemeriksaan uji kelayakan di atas 10 bus, jadi total sampai sekarang sudah 109 kendaraan yang dilakukan pengecekan,” kata dia.
Sementara itu, pelaksanaan ramp chek ditujukan kepada kendaraan yang melakukan perjalanan Antar Kota Antar Provinsi (AKAP) seperti bus.
Namun demikian, hingga kini pihaknya belum menemukan adanya kendaraan yang tidak layak jalan.
“Sampai saat ini, belum ada kendaraan yang tidak layak jalan, hanya ada temuan-temuan minor seperti lampu sein yang tidak menyala, seperti hari ini ada 4 bus yang belum memenuhi standar,” tuturnya.
“Akan tetapi, temuan itu langsung segera kita arahkan untuk diperbaiki, baru nanti (setelah diperbaiki) baru bisa berangkat,” terangnya.
Menurutnya, pelaksanaan uji kelayakan kendaraan tersebut dilakukan, guna memastikan kendaraan yang nantinya akan mengangkut ribuan pemudik dapat berfungsi dengan baik.
Dengan demikian, masyarakat yang melaksanakan mudik dapat mendapat rasa aman dan nyaman untuk kembali ke kampung halaman dengan selamat.
“Tentunya inspeksi keselamatan ini kita perhatikan semua kendaraan angkutan yang nantinya akan membawa para pemudik pulang ke kampung halaman dengan aman, nyaman dan selamat,” jelas Achmad Suhaely. (Ayu)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here