Didukung Relawan, Pengamat Politik Universitas AL Azhar Sebut Andra Soni Potensial Menang di Pilgub Banten

0
19 views
Keterangan foto : Pengamat politik dari Universitas Al Azhar Indonesia, Ujang Komarudin, Jumat (1/3/2024)

Bantenkini.com Serang – Nama Ketua DPRD Provinsi Banten Andra Soni terus muncul digandang-gandang sejumlah relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo untuk menjadi calon Gubernur Banten periode 2024-2029. Para relawan yang berhasil ikut mengantarkan Prabowo – Gibran menjadi Preside dan Wakil Presiden pada Pilpres 2024 kemarin berharap Koalisi Indonesia Maju (KIM) di Pusat bisa sampai solid ke daerah agar semua program saat kampanye bisa dirasakan oleh Masyarakat termasuk sampai ke Banten.

Hal tersebut membuat Pengamat Politik dari Universitas Al – Azhar Ujang Komarudin buka suara. Menurut Ujang, peluang Andra Soni untuk maju calon Gubernur Banten sangat potensial, karena dia kader internal dari partai Gerindra dan saat ini beliau sebagai pentolan dari Koalisi Indoneisa Maju di daerah.

“Setiap tokoh mempunyai peluang yang sama, apalagi Andra Soni merupakan kader internal Gerindra yang saat ini Presidennya dari partai Gerindra yaitu Prabowo Subianto. Menurut saya Gerindra harus mengutamakan kadernya maju di Pilkada,’ kata pengamat Politik dari Universitas Al- Azhar Ujang Komarudin lewat sambungan selulernya, Kamis (23/5/2024)

Selain itu, kata Ujang factor relawan presiden Jokowi yang beralih ikut mendukung Prabowo-Gibran pada Pilpres 2024 kemarin patut diperhitungkan. Kata Ujang, seandainya para relawan dan partai pendukung tetap solid sampai ke daerah dengan ikut mendukung Andra Soni, tentu ini menjadi sinyal dan potensial untuk memenangkan Andra Soni di Pilgub Banten.

“Seperti kita ketahui, relawan-relawan Jokowi yang kemudian mendukung Prabowo – Gibran ini sangat militan, bagaimana mereka mengkampanyekan program-program dan calonnya sampai ke akar rumput. Hal serupa juga mereka bisa lakukan untuk Andra Soni jika memang dia direkom oleh Koalisi Indonesia Maju untuk menjadi calon Gubernur, Tentu ini akan mempermudah beliau untuk memenangkan Pilgub Banten,’’ tutur Ujang menjelaskan.

Kendati begitu, kata Ujang, Andra Soni juga harus pandai memilih siapa pendamping untuk dipasangkan dengan dia maju di Pigub Banten. Menurut Ujang, Andra Soni harus memiliki pasangan yang baik untuk menaikan elektabilitasnya.

“Peluang menang sangat terbuka untuk Andra Soni asalkan bisa didukung oleh 20 peresen partai pendukung dan jaringan relawan di Banten. Mereka bisa menjadi kekuatan Andra Soni untuk memenangkan Pilgub Banten dengan sekali putaran,’’ ucap Ujang.

Sebelumnya diberitakan, Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo (RJBB, Tim 08 Prabowo, All Cipayung, Rumah Gibran dan Pos Raya) Provinsi Banten melakukan deklarasi dan menyatakan dukungan untuk kepada Andra Soni untuk menjadi calon Gubernur Banten. Deklarasi tersebut dilakukan di tengah pemukiman padat penduduk wilayah Kota Serang yaitu Kabaharan, Kelurahan Lopang.
Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo membentangkan Sterofoam dengan bertulisan Andra Soni Banten Maju. Mereka juga meneriakan agar Koordinator TKD Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Pilpres 2024 kemarin maju untuk menjadi calon Gubernur Banten.

“Kita dari relawan Jokowi bergerak bersama Prabowo wilayah banten memilih tempat deklarasi Andra Soni untuk menjadi calon Gubernur Banten pada Pilgub 2024 di pemukiman padat penduduk. Karena kita tau persis bagaimana seorang Andra Soni bisa sampai sekarang ini menjadi Ketua DPRD terlahir dari keluarga yang kurang beruntung secara ekonomi. Pastinya ketika dia menjadi seorang pejabat, ia tidak akan melupakan proses perjuangan saat itu,’’ kata Koordinator Relawan Pendukung Jokowi Bergerak Bersama Prabowo wilayah Provinsi Banten, Moh Jumri usai melakukan Deklarasi dukungan terhadap Andra Soni, Minggu (19/5/2024)

Lebih lanjut, mantan Ketua Umum Barisan Pemuda Adat Nusantara (BPAN) tersebut menceritakan kepada puluhan warga yang hadir bahwa sosok Andra Soni harus jadi motivasi bagi kalangan milenial dan gen z untuk menjadi seorang pemimpin. Kata Jumri, untuk menjadi seorang pemimpin atau Gubernur Banten tidak mesti lahir dari kalangan ningrat atau dinasti.

“Sosok Andra Soni bisa mematahkan pandangan public bahwa pemimpin tidak harus memiliki materi yang berlimpah atau jaringan kekuasaan yang terus turun temurun. Hal inilah yang perlu diketaui oleh Masyarakat khususnya generasi milenial dan gen z,’’ tutur Jumri menjelaskan.

Selain itu, kita dari Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo mengingatkan Andra Soni untuk mengawal dan memastikan bagaimana semua program-program Presiden dan Wakil Presiden terpilih agar bisa direalisasikan di wilayah banten. Karena, Andra Soni salah satu orang yang bertanggung jawab mengawal semua kebijakan-kebijakan pemerintah pusat agar bisa dirasakan oleh Masyarakat Banten.

“Saya ingatkan agar Tim Kampanye Nasional (TKN) Koalisi Indoneisa Maju (KIM) untuk terus solid sampai tingkat daerah dan bisa memastikan agar selulruh program dan kebijakan-kebijakan pemerintah pusat bisa berjalan dengan baik menuju inonesia emas,’’ tegas Jumri.

Di tempat yang sama, Pengarah Relawan Jokowi Bergerak Bersama Prabowo Provinsi Banten, Yusuf Reza Soleman yang kerap disapa Yures mengatakan bahwa sosok Andra Soni merupakan refresentatif dari pemerintah pusat. Andra Soni merupakan kader gerindra dan Presiden terpilih juga merupakan partai dari Gerindra, kata Yures akan lebih mudah jika dia terpilih menjadi Gubernur Banten.

‘’Kita akan terus sosialisasikan Andra Soni sebagai pemimpin untuk Indonesia Maju dan Banten Maju di Kabupaten/Kota yang ada di Banten. Tujuanya agar Masyarakat mengetahui bahwa seorang Andra Soni lah yang bisa mengawal dan merealisasikan program-program yang dikampanyekan Prabowo- Gibran di Masyarakat, ” tutup Yures.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here