Demo Tolak Omnibus Law Mahasiswa Bentrok Dengan Aparat di Serang

0
9 views

BANTENKINI.COM, SERANG, – Demonstrasi Mahasiswa Banten yang terhimpun dalam Aliansi Geger Banten di depan Kampus UIN SMH Banten, Selasa (6/10/2020), bertahan sampai malam.

Pantauan dilapangan, hinggal pukul 18:30 WIB mahasiswa tetap bertahan serta melakukan orasi-orasi politik.

“Kami akan tetap bertahan sampai menang, dan besok kami juga akan melakukan aksi lanjutan untuk menolak Omnubuslaw,” ujar Koodinator aksi, Arman Maulana kepada awak media.

Hingga pukul 19;00 WIB para mahasiswa tetap bertahan, himbauan aparat yang berkali-kali dilakukan tidak di indahkan oleh mahasiswa hingga akhirnya terjadi bentrok antara aparat Kepolisian dan para mahasiswa.

Sejumlah mahasiswa diamankan oleh aparat keamanan, dan ada pula korban luka dari pihak kepolisian akibat kerusuhan aksi tolak Omnibuslaw yang di lakukan di depan kampus UIN Banten.

Aksi yang di lakukan sejak jam 16;00 WIB sore tadi, hingga jam 22;00 WIB belum juga berakhir, mahasiswa tetap lakukan aksinya dengan menutup akses jalan ciceri kota serang, yang juga dilakukan pelemparan batu serta petasan kembang api secara liar.

Petugas akhirnya membubarkan paksa para pendemo dengan tembakan gas air mata fan semprotan water canon.

“Kembalikan teman teman kami, baru kami akan membubarkan diri,”cetus salah satu mahasiswa didalam kampus UIN Banten saat lakukan negosiasi.

Setelah beberapa kali dilakukan upaya negosiasi tidak ada kesepakatan, akhirnya petugas membubarkan paksa para pendemo dengan tembakan gas air mata dan semprotan water canon.

Adapun tuntutan mahasiswa antara lain:

1. Cabut Undang-Undang Omnibuslaw Ciptakerja.
2. Segera Terbitkan Perpu Omnibuslaw. Ciptaker.
3. Bangun Industrialisasi Nasional.
4. Wujudkan Reforma Agraria Sejati.
5. Hentikan Segala Bentuk Kriminalisasi dan Tindakan Represifitas terhadap Aktivis Rakyat yang dilakukan oleh aparatur negara
6. Tolak skema kampus merdeka
7. Ganti haluan ekonomi, segera laksanakan pasal 33 UUD 1945
8. Sahkan RUU Perlindungan pekerja rumah tangga (PRT) dan RUU Masyarakat Adat
9. Wujudkan Pendidikan Ilmiah dan mengabdi pada masyarakat
10. Sahkan RUU PKS dan Wujudkan Kampus Ramah Perempuan.
11. Pemerintah fokus dalam menangani pandemi covid-19 di Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here