Camat Pinang Bersihkan Sampah Sisa Banjir

0
1 views

BantenKini.com KOTA TANGERANG – Pasca bencana banjir awal Januari lalu, menyisakan banyak tumpukan sampah di lingkungan penduduk terkena banjir merupakan persoalan yang harus segera diatasi. Sebab timbunan sampah di jalan-jalan lingkungan pemukiman sangat menggangu masyarakat sekitar. Melihat keadaan yang ada dan merespon keluhan warga pasca banjir, Camat Pinang, Kaonang cepat tanggap dan langsung bergerak turun ke wilayahnya untuk membersihkan sampah bersama petugas Dinas Lingkungan Hidup Kota Tangerang organisasi perangkat daerah (OPD) lainnya.

“Sesuai arahan Pak Walikota Tangerang, agar semua jajaran pemerintah Kota Tangerang untuk segera menyelesaikan persoalan sampah pasca banjir, maka kami berupaya sekuat tenaga untuk membersihkab tumpukan sampah yang ada di lingkungan permukiman ini. Di sini kami dibantu oleh OPD terkait untuk membersihkan sampah pasca banjir. Kemarin telah diangkut sampah pasca banjir dari Pinang Griya Permai sebanyak 19 truk,” jelas Camat Pinang, Kaonang ditemui saat pemberian bantuan Menteri Perindustrian dan Perdagangan Agus Gumiwang Kartasasmita kepada pelaku industri kecil menengah (IKM) yang terkena musibah banjir di Pinang Griya Permai Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang, Kota Tangerang, Kamis 9 Januari 2020.

Dijelaskan Camat Pinang Kaonang, dirinya sangat memahami keluahan warganya mengenai masalah sampah ini. Maka ia berusaha sekuat tenaga agar tumpukan sampah pasca banjir yang ada di wilayah kerjanya itu segera bersih. Sebab, kata Kaonang, sampah ini bila tidak ditangani dengan segera akan mengganggu kesehatan masyarakat.

“Tadi ada warga yang menyampaikan langsung kepada kami keluhannya mengenai tumpukan sampah ini. Kami jelaskan bahwa petugas dari Pemerintah Kota Tangerang terus bekerja dengan peralatan berat untuk membersihkan sampah. Kami berusahan untuk segera menuntaskan pekerjaan ini secepatnya. Hari ini harus bersih dari sampah sisa banjir,” ungkap Kaonang.

Sementara itu Ketua RW 06 Kelurahan Pinang, Ida Meuthia mengungkapkan 440 kepala keluarga di Pinang Griya Permai terkena banjir dengan menyisakan tumpukan sampah yang menggunung di sekitar taman di lingkungannya. Ia mendengar keluhan warganya, maka mengatasi persoalan sampah ini Ida Meuthia berkoordinasi dengan pihak Kelurahan Pinang yang diteruskan kepada Kecamatan Pinang.

“Saya tak menyangka, Camat Pinang pak Kaonang baru bertugas di wilayah ini langsung turun ke wilayah untuk membersihkan sampah. Selama tiga hari, mulai Selasa kemarin sampai hari ini Pak Kaonang bersama kami di sini berjibaku membersihkan sampah. Pak Camat Kaonang saya lihat cepat tanggap dan sigap,” ungkap Ketua RW 06 Kelurahan Pinang, Ida Meuthia.

Sementara itu Wakil Walikota Tangerang, Sachrudin usai mendampingi Menteri Perindustrian dan Perdagangan Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan sampah pasca banjir di Pinang Griya Permai sedang dilakukan pembersihan dan segera selesai. Arahan Walikota Tangerang, kata Sachrudin agar semua satuan kerja perangkat dinas yang memiliki armada bak terbuka untuk dikerahkan mengangkut sampah dari titik wilayah yang terkena banjir ke tempat pembuangan akhir (TPA) di Rawa Kucing.

Pada kesempatan itu Menteri Perindustrian dan Perdagangan RI Agus Gumiwang Kartasasmita memberi bantuan kepada pelaku industri kecil menengah (IKM) di Jalan Flamboyan Pinang Griya Permai RW 06 Kelurahan Pinang, Kecamatan Pinang Kota Tangerang. Ada enam pelaku IKM yang menerima bantuan peralatan kerja dari menteri Indag. Hadir pada kesempatan itu Kepala Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Teddy Bayu Putra. Mereka semua merupakan korban banjir awal Januari lalu. Banjir di perumahan Pinang Griya Permai ketinggian air mencapai 2 meter.***

Ateng San | Yahya Suhada

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here