Bupati Irna : TNI Memiliki Peran Penting dan Semakin Manunggal Bersama Rakyat

0
10 views

BANTENKINI.COM, JAKARTA – Salah satu tugas Tentara Nasional Indonesia (TNI) adalah menjaga kedaulatan NKRI dari berbagai ancaman. Namun lebih dari itu, TNI juga memiliki peran penting dalam mendorong pembangunan di Kabupaten Pandeglang. “TNI semakin manunggal bersama rakyat, karena banyak  kegiatan lainnya selain operasi militer dilakukan TNI salah satunya di Pandeglang melaui berbagai program kegiatan,” hal ini dikatakan Bupati Pandeglang Irna Narulita saat menjadi Keynote Speaker pada acara Komunikasi sosial Dengan Komponen Bangsa di Aula Gajahmasa Pusat Teritorial Angkatan Darat (Pusterad) Jakarta, Selasa (27/8).

Irna meyakini, kemanunggalan TNI bersama rakyat bukan isapan jempol belaka. Karena kata Irna, dalam kegiatan apapun TNI selalu hadir seperti TMMD, Latsitarda, dan KBKes.”Selama ini program-program tersebut secara efektif sangat dirasakan manfaatnya oleh pemerintah daerah dan berkontribusi besar terhadap kesejahteraan masyarakat. Dengan demikian program-program ini dapat terus dilanjutkan dan bahkan perlu diperkuat dengan pendampingan kegiatan daerah,” ujarnya.

Kegiatan yang dilakukan oleh TNI seperti penguatan infrastruktur, ketahanan ekonomi, ketahanan leluarga, dan pertanian sangatlah efisien dan efektif. Pasalnya, kegiatan yang harusnya memakan biaya besar dapat dipangkas karena kegiatannya dibantu oleh TNI. “Misalnya, pembuatan jalan melalui TMMD yang mencapai 3,2 Km jika melalui dikontrak kerja bisa memakan anggaran sampai 3 miliar, tapi ini hanya menghabiskan kurang lebih 1 miliar,” tururnya.

Sementara, Mayor Jendral (Mayjen) Arif Rahman Komandan Pusat Teritorial Angkatan Darat (Danpusterad) mengatakan, dengan adanya kegiatan Komunikasi sosial Dengan Komponen Bangsa akan memberikan wawasan dan gambaran dan mengurai permasalahan.”Pada kegiatan saat ini dihadiri oleh perwakilan TNI dan Mahasiswa dari Sabang sampai Merauke.  Dengan hadirnya narasumber akan memberikan gambaran cara menghadapi tantangan jaman dimasa depan,” katanya.

Dikatakan , Mayjen Arief Rahman, sebagai pengisi dan penikmat kemerdekaan, seharusnya seluruh komponen dapat mewujudkan cita-cita bangsa yaitu masyarakat yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur. “Cita-cita bangsa Indonesia itu diformulasikan dengan baik dalam alinea ke-2 Pembukaan Undang-Undang Dasar tahun 1945. Ini dapat kita wujudkan, karena masyarakat dan mahasiswa merupakan benteng komponen bangsa indonesia,” tuturnya.

Hadir narasumber lainnya pada acara ini diantaranya Prof. Dadan Umar Daihani Lemhanas Bidang Ketahanan Nasional, Prof Tri Nuke Puji Astuti Deputi Bidang Sosial Kemanusiaan LIPI, dan Ketua Persatuan Purnawaran TNI Letjen Purnawirawan Kiki Syahnaki.(Jumri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here