Bulog Lebak – Pandeglang Siap Kolaborasi Bersama Pemkab

0
5 views

BANTENKINI.COM LEBAK – Perum Badan Urusan Logistik (Bulog) Divisi Regional (Drive) Lebak – Pandeglang siap seandainya diminta untuk menggelar operasi pasar pada bulan Ramadhan 1442 Hijriah. Menurut Bulog, permintaan tersebut dilakukan untuk mencegah kelonjakan harga atau menjaga stabilitas harga kebutuhan pokok.

“Kami dari Bulog Lebak – Pandeglang pada intinya siap kolaborasi dengan Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lebak untuk menstabilkan harga. Tapi saat ini harga kebutuhan masih relatif normal dan belum ada kenaikan.”ucap salah Satu Pekerja Bulog Lebak – Pandeglang, Fajar kepada awak media, Selasa (20/4) di Rangkasbitung.

Fajar mengklaim saat ini Bulog Lebak – Pandeglang kerap melakukan pemantauan harga pangan di seluruh Kecamatan yang ada di wilayah kerjanya. Kata Fajar, tujuan dilakukan pemantauan ketat saat Ramadhan yaitu untuk mengantisipasi terjadinya kelangkaan harga pangan.

“Kita kooridnasi dengan beberapa kelompok tani dan beberapa pendamping untuk memastikan harga kebutuhan pokok tetap stabil.”tutur Fajar.

Untuk diketahui, saat ini Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Lebak sedang melakukan Operasi Pasar di 28 Kecamatan yang ada di Wilayahnya. Operasi Pasar tersebut dilakukan guna mencegah harga kebutuhan pokok saat Ramadhan dan Idul Fitri naik.

“Kita sudah melaksanakan Operasi Pasar selama 30 hari. Ini agenda rutin Disperindagg melakukan operasi pasar pada bulan Ramadhan dan Idul Fitri. Tujuanya adalah untuk mengantisipasi kenaikan harga di pasar.”kata Kabid Perdagangan pada Disperindag Lebak, Dedi Setiawan kepada awak media, Senin (19/4)

Dedi menyebut, meski kondisi pandemi Covid-19, Disperindag Lebak tetap menggelar operasi pasar dengan melakukan protokol kesehatan yang ketat. Kata Dedi, pihaknya sangat optimis di tahun ini, tak akan ada lonjakan kenaikan harga sembako yang signifikan.

“Jadi untuk operasi pasar, kita lakukan langsung ke masyarakat tersebar di 28 Kecamatan yang ada di Lebak. Sasaran yang kita tuju jelas masyarakat yang memang langsung membutuhkan.”tutur Dedi.

Dedi menjelaskan, untuk jenis komoditi yang nanti akan dijual murah yaitu terigu, gula pasir, minyak goreng dan beras. Menurut Dedi, momentum bulan Ramadhan kali ini harus dirayakan dengan rileks dan menyenangkan oleh masyarakat.

Dedi berharap dengan digelarnya operasi pasar tahun ini, bisa membantu masyarakat dalam mencari kebutuhan pokok saat melaksanakan ibadah puasa. Kata Dedi, paket-paket murah yang disalurkan bisa bermanfaat.

Dedi menyebut, saat ini, dia telah melakukan koordinasi yang ketat dengan Bulog Lebak-Pandeglang dalam mengantisipasi kelonjakan harga menjelang Ramadhan dan Idul Fitri. Dedi optimis harga kebutuhan pokok di Lebak relatif stabil.

“Sudah kita koordinasikan dengan pihak Bulog Lebak-Pandeglang, bahkan sudah kita cek, ketersediaan beras dan komoditi lain masih cukup aman menjelang Ramadhan dan Idul Fitri.”jelas Dedi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here