Bulog Kebut Pendistribusian Bantuan Beras PPKM di Lebak

0
59 views

BantenKini.com Lebak – Perusahaan Umum (Perum) Badan Urusan Logistik (Bulog) Kantor Cabang Lebak – Pandeglang terus menyalurkan program Bantuan Beras PPKM 2021. Jumlah yang disalurkan untuk wilayah Rangkasbitung hari ini 7,070 kilogram dengan 707 Keluarga Penerima Manfaat (KPM) Bantuan Sosial Tunai BST.

“Untuk Kelurahan Rangkasbitung Barat, Kecamatan Rangkasbitung kemarin kita salurkan 7,070 kilogram beras yang sudah tersalurkan dari jumlah 707 KPM. “Kata Kepala Perum Bulog Kantor Cabang Lebak – Pandeglang, Muhammad Wahyuddin, Kamis (23/7)) di Lebak.

Wahyuddin yang biasa disapa Wahyu menjelaskan, untuk Kabupaten Lebak yang akan disalurkan berjumlah 67.238 KPM PKH dan 153.628 KPM BST dari total keseluruhan di Lebak 220.866 KPM. Wahyu menyebut, Bulog terus berupaya dan bekerjasama dengan Pemerintah Daerah untuk mempercepat proses pengiriman beras bantuan.

“”Kami kebut penyalurannya, karena kurang lebih satu bulan untuk menyalurkan bantuan beras PPKM tersebut kepada KPM,” tegas Wahyu.

Menurut Wahyu, bantuan beras PPKM ini merupakan wujud dari pemerintah hadir dan peduli kepada masyarakat dalam masa PPKM pandemi covid-19. Kata Wahyu melalui program bantuan ini diharapkan dapat mengurangi beban kebutuhan pangan masyarakat selama pandemi covid-19 dan berlakunya PPKM.

“Bantuan beras ini merupakan salah satu dari beberapa program bantuan yang diberikan sebagai wujud kepedulian Pemerintah di masa pandemi covid-19,”terang Wahyu.

Ditambahkan Wahyu, penyaluran beras bantuan ini menggunakan cadangan beras pemerintah dengan kualitas medium, dimana masing-masing KPM akan menerima 10 kilogram. Beras tersebut diambilkan dari gudang beras yang ada di Warunggunung.

Terkait mekanisme penyaluran bantuan beras PPKM, secara nasional dilakukan berdasarkan permohonan dari Kemensos kepada Bulog untuk penyaluran cadangan beras pemerintah, yang sekaligus disertai data penerima bantuan. Selanjutnya Bulog akan membuat Delivery Order (DO), dan menyalurkan beras bantuan tersebut kepada KPM melalui transporter.

“Untuk wilayah Lebak – Pandeglang tranporter yang ditunjuk yakni PT Pos Indonesia yang akan bertanggungjawab untuk mendistribusikan beras bantuan PPKM 2021 kepada KPM,” ujar Wahyu.

Sementara, program ini juga dimonitor langsung oleh Kemensos, Dinas Sosial di masing-masing kabupaten/kota, Satuan Kerja Perum Bulog, dan juga dari BPKP. Monitoring ini terkait apakah beras dalam rangka PPKM sudah tepat sasaran dan terjamin kualitasnya.

Diketahui, Presiden RI Joko Widodo menginstruksikan penyaluran bansos beras PPKM.
Pada tahap awal, sebanyak 200 ribu ton beras disalurkan untuk 10 juta penerima PKH dan BST di seluruh Indonesia yang datanya dihimpun dari Kementerian Sosial.

Beras seberat 10 kg tersebut akan disalurkan oleh Perum Bulog mengingat jaringan Bulog terdapat di seluruh wilayah Indonesia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here