Budayakan Literasi, Ada Gerobak Baca di SDN Tanah Tinggi

0
66 views
FOTO: Suasana saat membaca para peserta didik di ruang kelas 5B SD Negeri Tanah Tinggi 1, Kota Tangerang

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Upaya mengembangkan budaya literasi, SD Negeri Tanah Tinggi 1 Kota Tangerang, bikin gerobak baca untuk warga di sekolah. Hal tersebut dikatakan Yetti Sulistiawati, Kepala SD Negeri Tanah Tinggi 1, Kota Tangerang, saat berbincang dengan Bantenkini.com di ruangnya.

Ia mengungkapkan, gerobak baca yang sedang dikerjakan itu adalah salah satu wujud keseriusan warga sekolah dalam mengimplementasikan program Gerakan Literasi Sekolah (GLS) yang tengah digencarkan pemerintah.

“Kami buat gerobak baca untuk warga di sekolah, terutama siswa SDN Tanah Tinggi 1. Sekarang sedang dalam proses pengerjaan,” ungkap Yetti.

FOTO: Yetti Sulistiawaty, Kepala SD Negeri Tanah Tinggi 1, Kota Tangerang

Menurut ia, penerapan program gerakan literasi sekolah sudah dilaksanakan olehnya sejak 2017. Setiap hari sebelum masuk jam belajar, kata Yetti, peserta didik harus membaca buku selama 15 menit. Selain itu, siswa juga harus menjelaskan poin-poin penting dalam buku bacaannya.

“Selain harus membaca, kami juga melatih siswa untuk dapat menceritakan kembali poin-poin yang ada di dalam buku yang telah dibacanya. Karena kami ingin menumbuhkan keberanian berbicara siswa di hadapan orang banyak,” tuturnya.

Ke depan, dirinya akan terus berupaya meningkatkan minat baca siswa dengan berbagai cara. Salah satunya yakni menghitung hasil bacaan siswa selama sepekan.

“Nanti kami hitung jumlah buku yang sudah dibaca mereka dalam sepekan, apakah ada peningkatan atau tidak. Target kami anak-anak dapat membaca 10 judul buku dalam seminggu. Itu agar mereka jadi selalu terbiasa untuk membaca,” tegas Yetti.

Ia juga menuturkan bahwa konsep yang selama ini dibangun di SDN Tanah Tinggi 1 adalah upaya membentuk karakter siswa yang tidak hanya kaya akan pengetahuan, namun juga peduli terhadap lingkungan.

. Helmi

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here