41 Peserta Berbagai Daerah Luar Kota Tangerang Ikut Lomba Da’i Cilik Satu Dekade Festival Al A’zhom

0
26 views

BANTENKINI.COM, KOTA TANGERANG – Kemeriahan Festival Al A’zhom Kota Tangerang tahun 2023 tak luput dari ragam perlombaan. Salah satu yang selalu menjadi rutin digelar yakni lomba da’i cilik yang diikuti anak-anak dari usia 7 – 13 tahun. Lomba da’i cilik ini berlangsung di panggung utama halaman Masjid Al A’zhom, Jumat 21Juli 2023.

Sekretaris Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Tangerang, Eny Nuraeny mengungkapkan antusiasme masyarakat dari wilayah Tangerang dan sekitarnya untuk mengikuti dan menyaksikan lomba-lomba yang digelar di Festival Al-A’zhom sungguh luar biasa.

“Perlu diketahui masih banyak lomba yang digelar di Festival Al-A’zhom yang perlu disaksikan, di antaranya lomba hadroh, juga tak kalah menarik yakni Pameran Artefak Baginda Rasulullah SAW. Silahkan datang ke Festival Al-A’zhom sampai 30 Juli 2023,” beber Sekretaris Dispora Kota Tangerang, Eny Nuraeny.

Kepala Dispora Kota Tangerang Kaonang didampingi Sub Koordinator Pemuda Dispora Bobby Yunandar monitoring lomba da’i cilik di arena Festival Al A’zhom ke 10 tahun 2023.

Koordinator lomba da’i cilik, Ahmad Fuadi, mengungkapkan sebanyak 41 peserta yang mengikuti lomba ini dari berbagai daerah tak hanya Kota Tangerang. Ada pula peserta yang berasal dari wilayah Tangerang Raya dan paling jauh yakni Kota Depok. Sementara itu, terdapat dua kategori peserta yakni SD dan SMP dalam memperebutkan Juara 1, 2 dan 3 yang akan diumumkan pada 30 Juli mendatang.

“Alhamdulilah kami bersyukur, banyaknya pendaftar dari berbagai wilayah juga sebagai calon-calon pendakwah yang akan lahir dari berbagai macam wilayah khususnya Kota Tangerang. Para peserta yang tampil diberikan waktu maksimal tujuh menit dengan materi bebas namun tetap sesuai dengan wawasan Islami,” ujarnya.

Ahmad juga menerangkan aspek yang dinilai pada lomba da’i cilik ini ialah vokal, performance serta materi yang disampaikan dapat sesuai dengan ajaran Islam. Mereka akan dinilai langsung oleh tiga dewan juri yang kompeten di antaranya ustadz Ade yang merupakan Dewan Pengurus Daerah (DPD) Badan Komunikasi Pemuda Remaja Masjid Indonesia (BKPRMI) Kota Tangerang, kang Daniel perwakilan dari BKPRMI Kecamatan Neglasari serta ustadz Basit sebagai pengurus Majelis Ulama Indonesia (MUI) Kecamatan Karawaci.

Sekretaris Dispora Kota Tangerang Eny Nuraeny.

“Diharapkan dengan adanya perlombaan da’i cilik di rangkaian kegiatan Festival Al A’zhom ke 10 tahun 2023 ini, dapat menimbulkan bibit calon para pendakwah terkenal yang terlahir dari Kota Tangerang, nantiya bisa mewakili ke ajang tingkat provinsi hingga nasional,” ucap Ahmad.

Sementara itu, salah satu peserta da’i cilik, Muhammad Dzikrul Hakim (13), mengaku ini pertama kalinya ia mengikuti lomba da’i cilik, khususnya di Kota Tangerang. Dzikrul yang merupakan peserta dari Kecamatan Pinang berharap materi yang ia persiapkan sejak dua minggu ini bisa tersampaikan dengan baik. Tak hanya memukau dewan juri, namun masyarakat yang hadir bisa semakin memahami makna setiap bulan pada tahun Hijriah.

“Saya sangat senang bisa mengikuti lomba da’i cilik ini, karena disini juga mengajarkan saya bagaimana tampil didepan banyak orang. Apalagi materi yang disampaikan tadi tentang Bulan Muharam, yang dalam kalender Hijriah ialah bulan pertama atau awal tahun Hijriah. Tentunya banyak keutamaan serta makna pada bulan tersebut,” tutur Dzikrul.***

• Ateng Sanusih

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here